Cara mudah membuat file pdf dari dokumen office (word, excel, power point)!

Apabila anda ingin membuat dokumen pdf namun masih belum tahu caranya, berikut akan saya beritahukan. Sebenarnya ada banyak cara untuk membuat file pdf. Misalnya menggunakan add-ins, menggunakan software converter dll. Disini saya ada dua cara mudah untuk membuat file pdf dari ms word.
Sebelum lanjut ke cara, sebaiknya saya kasih tau dulu seputar pdf.
PDF itu apa sih? PDF itu singkatan dari Portable document format. Ya biar mudah dimengerti intinya itu artinya dokumen yang formatnya portable, maksudnya portable itu dokumen yang bisa dibuka dimana aja dengan format yang selalu sama. Jadi kalo kamu udah punya dokumen pdf mau dibuka di laptop temen, di laptop guru, di hape atau di internet ya tetep gitu-gitu aja, dan keuntungannya jika file anda dibuat dalam bentuk pdf itu filenya aman dari editan, ukurannya lebih kecil, serta lebih kompatibel untuk dibuka di berbagai jenis OS. Misalnya anda kalau punya file .doc, dibuka di open office kan bisa aja ada format yang berubah jadi merusak tampilan nah bagusnya pdf tuh gitu. Misal anda punya cerpen atau punya buku elektronik lebih baik dibuat saja dalam bentuk pdf karena kelebihan kelebihan yang sudah tadi saya jelaskan.
Nah yuk sekarang kita ke cara membuat file pdfnya

Cara pertama membuat file pdf : Menggunakan add-ins dari microsoft

Cara ini merupakan cara termudah dan yang paling populer di kalangan masyarakat karena tidak ribet. Anda hanya menginstall add-ins untuk membuat file pdf dari situs microsoft. Jika anda belum menginstallnya silakan download melalui link berikut:
https://www.microsoft.com/en-us/download/confirmation.aspx?id=7
Nah jika sudah didownload silakan anda install, gampang banget nginstallnya intinya next next gitu.
Lalu anda buka file dokumen yang ingin anda jadikan pdf.
Lalu anda klik tombol office > pilih Save As > pilih PDF or XPS
Lalu beri nama sesuai keinginan anda, disitu ada dua pilihan. Pertama pilihan standard, kedua minimum.
Saran saya biarkan di standard saja karena akan  mempengaruhi kualitas juga, standard pun sebenarnya ukurannya kecil jadi tak masalah. Selesai deh. Gampang kan?

Cara kedua membuat file pdf : menggunakan software tambahan foxit reader

Untuk software foxit reader bisa anda download sendiri dan cari sendiri di google. Jika anda sudah mendownload silakan anda install.
Nah cara membuat file pdf ini juga sangat mudah.
Pertama klik tombol office > lalu pilih print > pilih print
Setelah itu anda pilih printernya yang bernama foxit reader pdf printer. Nah jika sudah terpilih silakan ok.

Dan taraaa, jadi deh file pdfnya. Gampang kan?
Demikian cara mudah membuat file pdf dari dokumen office, semoga bermanfaat!