8 Cara Sederhana Meningkatkan Pemasukan Anda

Anda merasa pemasukan anda kurang mencukupi kebutuhan? Sekarang saatnya anda menemukan solusi yang tepat untuk kondisi tersebut.
(via pixabay)

Sebenarnya untuk bisa lepas dari masalah keuangan tersebut ada 3 cara,

  • Meningkatkan pemasukan
  • Mengurangi pengeluaran
  • Dua-duanya sekaligus


Nah bagi anda yang ingin mempraktekan untuk meningkatkan pemasukan namun bingung caranya gimana aja, saya ada sedikit cara-cara sederhana meningkatkan pemasukan nih:

1. Jualan Pulsa

Kenapa saya menyarankan cara ini? karena saya sendiri juga menggunakan cara ini, dan dipastikan untung.
Konsumen pasti ada, setidaknya berawal dari teman-teman sekelas, atau rekan kerja. Jika sudah lama jualan pasti konsumen akan bertambah sendiri.
Keuntungannya juga lumayan untuk meningkatkan pemasukan anda.
Baca juga :


2. Jadi reseller/broker

Reseller adalah penjual yang tidak memproduksi barang/bahkan tidak memiliki barangnya. Jadi kalo anda mempunyai akun medsos ramai, kenapa tidak mencoba menjadi reseller?
Misal anda suka teknologi, bisa jualan smartwach, atau jualan VR, atau smartphone. Jika anda suka olahraga bisa jualan sepatu running, jual produk suplemen, dll.
Namun untuk yang cara ini cukup beresiko sehingga persiapkan strategi agar lebih matang menghadapi kendala yang akan dihadapi, misalnya : tertipu, kurang laku, komplain dari konsumen dll.
Untuk mencari barang-barang yang bisa anda jual kembali anda bisa mencarinya di forum jual beli, misalnya kaskus, facebook, situs toko online dll.
Ingin mencobanya?

3. Memberi jasa ojek

Jika anda pekerja lepas, atau pekerja yang tidak tentu waktunya (misal : jasa servis komputer, petani, atau malah pengangguran) bisa mencoba membuka jasa sebagai tukang ojek.
Mungkin sudah tak asing lagi layanan ojek online seperti go-jek, uber, grab. Namun jika anda dapat memberikan harga lebih murah atau pelayanan yang lebih cepat, tetap saja pasti ada konsumen yang ingin menggunakan jasa anda.
Kan lumayan untuk menambah pemasukan, untuk memberitahu kepada orang-orang bahwa anda memberikan jasa ojek bisa melalui akun medsos anda.

4. Menyewakan kamar

Jika anda memiliki rumah luas dengan beberapa kamar mengapa tidak mencoba untuk disewakan saja?
Jika tempat tinggal anda dekat dengan pabrik atau universitas mungkin saja ada yang menyewanya, kan jadi menambah pemasukan anda.

5. Menjadi Youtuber

Yang ini agak ga sederhana sih bagi yang tidak terbiasa, namun menjadi akan sangat sederhana jika kita lihat prinsip kerjanya.
Jika anda hobi membuat video, upload saja di youtube. Jika banyak yang menyukai video anda, bisa anda monetisasi dengan iklan adsense. Nah tiap ada pengunjung melihat video anda, itu berarti ada uang juga untuk anda.
Sederhana bukan? Telah banyak orang yang sukses karena menjadi youtuber.

6. Menjadi Blogger

Prinsip kerjanya hampir sama dengan tadi, namun bedanya ini kalau anda hobi menulis. Curahkan tulisan anda di blog anda. Jika blognya ramai pengunjung bisa anda monetisasi dengan berbagai cara.

7. Beternak

Banyak hewan yang bisa anda ternak, bisa kelinci, marmut, ikan lele, ayam, bebek dll. Tinggal melihat kondisi lingkungan serta melihat mana yang anda suka.
Kalau saya sih baru mencoba ternak ikan lele, ikan hias, ayah saya beternak kelinci, ayam, bebek. Teman saya mencoba beternak kucing ras. Kamu mau beternak apa?

8. Bekerja sampingan

Untuk menambah pemasukan anda, bisa dengan cara menjadi pekerja part time di suatu cafe atau tempat makan. Ya mungkin capek sih, tapi kalau anda masih kuat dan benar-benar butuh tambahan pemasukan, mengapa tidak?

Sekian 8 cara sederhana untuk meningkatkan pemasukan anda, semoga bermanfaat.
Kalau anda memiliki cara lain bisa anda share dengan menuliskannya di komentar.
Terimakasih atas kunjungannya

Iezel