Yakin ga mau menutup webcam dan mikrofon laptopmu dengan selotip? Kamu harus tahu ini..

Kamu tahu Zuckerberg? itu loh CEO Facebook. Kalau diperhatikan, setiap dia memakai laptop pasti bagian webcamnya diselotip.
Rusak apa ya? atau kenapa ya? Asal kamu tahu, zuckerberg menutup webcam laptop bukan karena rusak. Namun untuk menghindari aksi penyadapan.
Ya memang sih, zuckerberg kan orang kaya, orang terkenal, ya pasti rawan terkena kasus sadap. Seperti tahun 2016 kemarin, akun twitternya disadap. Sejak itu zuckerberg lebih berhati-hati, dan menutup webcam serta lubang microfon laptop dengan selotip.
(via pixabay)
Mungkin kamu kepikiran "ahh ga mungkin ada yang menyadap laptopku, toh apa untungnya."
Ehhh jangan salah, lebih baik untuk jaga-jaga tutup saja webcam dan lubang mikrofon laptopmu dengan selotip.
Lagian juga ga pernah dipake toh? Hayoo ngaku?

Ada 5 hal yang membuatmu yakin untuk menutup webcam serta lubang mikrofon laptopmu

1. Mencegah tindakan cabul

Tahu ga, banyak orang yang melakukan tindakan cabul dengan merekam video seseorang saat di depan laptop melalui penyadapan webcam. Kalau mau cek bisa buka situs Deep web, disana banyak video cabul hasil dari penyadapan webcam laptop.
Bisa aja kan, pas kamu buka laptop kamu ganti baju, atau cuma pake underwear karena gerah. Untuk jaga-jaga mending diselotip aja!

2. Mencegah Pemerasan

Bisa aja orang yang menyadapmu kemudian merekam videomu, dan karena kamu takut videomu tersebar luas akhirnya kamu diperas untuk memberinya uang.
kamu malah kehilangan uang untuk menuruti pemeras tersebut. Dan bisa saja videonya tetap tersebar. Gimana? Kan repot?
Mending mencegah kan?

3. Mencegah penipuan

Pernah buka video hacker di youtube? aku pernah buka. Jadi prinsipnya, si hacker mencoba menyadap laptop untuk melihat gerak-gerik melalui webcam. Tujuannya sih untuk menipu orang yang mereka intai. Caranya menghubungi lewat telepon, kemudian menawarkan sesuatu.
Dan karena meyakinkan, akhirnya kena juga deh. Kamu ga mau kan kena tipu?

4. Disadap teman/pacar

Ada suatu aplikasi untuk menyadap aktivitas di depan laptopmu. Mungkin hanya sedikit saja orang yang tahu. Kalau teman/pacarmu tahu gimana?
Jadi nanti setiap aktivitas di depan laptopmu dapat diketahui dengan mudah oleh teman/pacar. Masalahnya gimana kalau kamu selingkuh, dan pacarmu tahu? wkwk.
Atau gimana kalau temenmu punya niat jahat dengan hasil sadapannya?
Mending tutup aja deh webcamnya!

5. Pengumpulan data oleh pihak tertentu

Webcam dan mikrofonmu bisa dimanfaatkan untuk merekam aktivitasmu, jadi sewaktu-waktu kamu bisa diambilin data-datanya. Bisa data apa saja dan bisa informasi apa saja. Kalau ternyata pengumpulan data tersebut merugikanmu bagaimana?

Udah, setelah baca artikel ini kamu harus yakin bahwa kamu mending tutupin webcam dan lubang mikrofon dengan selotip.
Karena mencegah lebih baik daripada mengobati!
Oke? Semoga artikel ini bermanfaat.
Tulis pendapat atau responmu terhadap artikel ini di kolom komentar

Iezel