[Kisah Nyata!] Hati-hati Kalo Beli Kartu Paketan, Bisa Berakhir Tragis!

Intro

Sekarang kalo dipikir-pikir kebutuhan pokok manusia sudah tidak seperti yang diajarkan waktu sd.
Dulu kan waktu sd kata bu guru kebutuhan pokok manusia cuman tiga: sandang, pangan, papan. Tapi kalo dilihat pada masa sekarang ini kebutuhan udah jadi ada lima.

  1. Sandang, iyalah. paling penting itu. Kebayang kan kalo ga pake baju keluyuran.
  2. Pangan, buat bertahan hidup, buat energi. Udah dari dulu juga sih dianggap kebutuhan pokok.
  3. Papan, buat perlindungan. Buat bertahan hidup juga.
  4. [Tambahan] Pasangan, wkwk. ini jadi kebutuhan pokok juga di masa sekarang ini. Coba meskipun udah punya ketiga hal di atas tapi kaga punya pasangan, mau gimana rasanya hidupmu? Kurang broo..
  5. [Tambahan] Paketan, haa. Penting ini bro, hidup di masa sekarang kalo ga nyambung ke internet, ga eksis di sosmed, ga gabung grup chat, atau ga baca-baca informasi online tuh bakal kaya manusia gua..haha

Nah karena paketan itu penting, makanya aku menyempatkan diri menuliskan pengalamanku dan temenku yang abis jadi korban php ketika beli paketan di konter.
Kisah ini buat curhat sekaligus mengingatkan kamu. agar lebih hati-hati dalam membeli kartu paketan di konter.

Jadi ceritanya gini,


Kasus pertama, aku lagi butuh paketan internet yang masa aktifnya dua bulan. Ya selain lebih hemat, beli paketan yang masa aktifnya dua bulan kan ga bikin ribet beli lagi. Karena 2 bulan lumayan lama gitu, daripada yang cuma sebulan.
Terus aku dateng nih di konter A, ada paketan yang 2 GB 2 bulan. Harganya murah lah, cuma 25rb. Karena emang aku juga lagi mode ngirit, yaudah aku putuskan untuk membeli yang ini. Akhirnya kartu paketan internet aku beli.
Namun karena aku merasa ada firasat aneh, entah kenapa kaya buru-buru pengen make aja gitu. Pengen ngecek beneran 2 GB atau engga. Jadinya aku duduk di konter tersebut dan memasang kartu yang barusan ku beli ke hapeku.
Pas di cek sih aku lega karena beneran 2 GB, namun setelah aku baca lagi dgn teliti ternyata emang ada yang aneh.
Masa aktifnya cuma tinggal 22 hari doang. Shit man! Aku di PHP'in!
Segera aja aku nanya ke abang-abang konternya. Dan ya untung aja abang-abangnya baik dan bilang kalo dia juga gatau, itu dari sananya (mungkin dari distributornya).
Akhirnya aku ditawarin untuk nukerin kartuku dgn paketan yang lain, yang masa aktifnya 2 bulan beneran.
Yap, akhirnya aku beli yang 35 rb. huhu lebih mahal dikit sih, tapi kuotanya lebih gede. 12 GB man! yaudah fix aku beli. Pas uang udah ku kasih abang-abangnya bilang, ehh iya itu 10 GBnya paket malam ya!
Ya ampuuuun, ibaratnya nih aku lagi seneng-senengnya nemu durian, ehh tiba-tiba abang-abangnya dateng terus ngencingin durian yang aku temuin!
Ehh tapi kalo dipikir-pikir lagi wajar sih, orang harganya juga murah, terima aja deh. Abang-abangnya ga jadi ngencingin ding, aku ambil aja duriannya..wkwk

Selang beberapa minggu munculah kasus kedua, kasus ini dialami oleh teman kosku. 
Kasusnya hampir sama dengan yang aku alami. Cuma beda konter aja belinya. Dia beli di konter B.
(dokumentasi pribadi)

Jadi dia beli paketan yang "katanya" masa aktifnya 2 bulan. Harganya 30rb. Nah tapi dia ga ngecek di tempatnya, pas nyampe kosan baru deh ngecek, dan ternyata...
masa aktifnya cuma 35 hari doang, ya ngerasa dirugikan dong, kecewa, ngerasa di phpin. Soalnya kan di konternya bilangnya 2 bulan.
lalu dia curhat ke aku, wah yaudah aku juga jadi curhat waktu dulu pernah gitu juga. 
karena ga terima akhirnya temenku mau datengin konternya buat nanyain gimana solusinya.
Dia ngajak aku, lalu kita berdua berangkat. Namun sayangnya ketika tante-tante konter ditanyain soal ini gimana, dia keliatan cuek dan judes gitu. Kaya bodo amat. Intinya itu masa aktif segitu dari sananya gitu. Dan waktu aku tanya yang masa aktifnya masih 2 bulan beneran ada ga? Ehh tante-tante konternya bilang gatau.
Yaudah mungkin emg gatau sih, dan tante-tante itu juga tidak memberikan win-win solution, misal ngasih diskon kek (wkwk) atau minta maaf kek seenggaknya, tidak!. Akhirnya temenku minta balik ke kosan aja, dan ga usah dilanjutin lagi permasalahannya.
Akhirnya dia terima aja deh. Lagian masih lumayan lama juga sih 35 hari.

Nah begitulah kisah kita. Jadi buat kamu nih harus hati-hati kalau beli paketan! Gausah malu-malu, tanya aja ke penjualnya masa aktifnya berapa bulan? trus langsung cek deh! Jadi kalau ternyata ga sesuai harapan kan seenggaknya masih anget baru beli jadi enak buat nyari solusinya.
Jangan ampe berakhir tragis kaya temenku wkwk.
Semoga artikel ini bermanfaat. Jika kamu punya kisah serupa atau punya sesuatu yang ingin disampaikan silakan aja tulis di komentar.
Makasih udah baca!

Iezel