Jenis Ikan Arwana Asli Indonesia

Jenis Ikan Arwana Asli Indonesia tentunya perlu diketahui mengingat Arwana ini merupakan salah satu jenis ikan yang bisa mencapai harga fantastis. Sehingga masyarakat perlu tahu bahwa Indonesia juga menjadi rumah bagi ikan menakjubkan yang satu ini.

Ikan Arwana, Jenis Ikan Dengan Harga Mencapai Puluhan Juta

Siapa yang tak kenal ikan Arwana. Meskipun identik dengan harga yang mahal, namun tak sedikit orang yang memburu ikan yang satu ini. Entah memang untuk di budidaya dan dijadikan ladang bisnis, atau hanya sekedar untuk peliharaan saja. Namun apapun alasannya, Arwana memang menjadi salah satu ikan yang banyak diminati.

Ikan yang satu ini tersebar di beberapa negara, dimana salah satunya adalah Indonesia. Dibandingkan dengan jenis ikan lainnya, Arwana memang tergolong mahal. Namun untuk variasi harganya sendiri tergantung pada jenis maupun ukurannya.

Meskipun sudah biasa diperjualbelikan, namun tetap saja bahwa beberapa Jenis Ikan Arwana Asli Indonesia ini terbilang langka sehingga termasuk hewan yang dilindungi oleh Undang - undang. Oleh sebab itu perlu ditegaskan bahwa memang tidak semua ikan Arwana bisa dibeli atau dipelihara.

Ikan Arwana Berikut Ini Ternyata Ada Di Indonesia

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa ikan Arwana memang ada di beberapa negara dan terbilang mencakup hampir seluruh benua seperti Amerika, Australia, Asia dan juga Afrika. Di negara Indonesia sendiri terdapat beberapa jenis Jenis Ikan Arwana Asli Indonesia diantaranya adalah :

•        Ikan Arwana Red Tail Golden


Ikan Arwana Red Tail Golden memiliki nama lain yaitu Indonesian Golden Arwana. Ikan ini bisa dijumpai di area Sumatera, khususnya di wilayah Kepulauan Riau. Ciri khas yang dimiliki oleh ikan ini adalah warna sirip atau tubuh yang terdiri dari beberapa paduan warna merah, kuning keemasan, biru dan juga hijau.

Karakter atau sifat dari Arwana Red Tail Golden ini adalah agresif sehingga untuk proses penangkapan mungkin cenderung lebih sulit. Mengenai harganya berkisar antara 2 juta ke atas dan bisa lebih mahal jika ukuran atau paduan warnanya berbeda.

•        Arwana Super Red

Berikutnya ada ikan Arwana Super Red dimana memiliki ciri khas berupa warna merah di sebagian besar tubuhnya seperti pada sungut, sirip maupun bibir.  Ikan jenis ini banyak ditemukan di wilayah Kalimantan, lebih tepatnya Kalimantan Barat.

Meskipun warna dominannya adalah merah, namun untuk jenisnya sendiri masih dikategorikan menjadi beberapa jenis yaitu merah cabai, merah darah dan merah oranye. Mengenai harga berkisar antara 2 jutaan bahkan mencapai 50 juta. Perbedaan harga bergantung pada kualitas ikannya.

•        Arwana Banjar


Serupa dengan jenis di atas, ikan Arwana Banjar juga ditemukan di Kalimantan. Lokasi tepatnya adalah Banjarmasin. Ciri yang khas pada ikan ini adalah ekornya berwarna kuning dan siripnya berwarna oranye.

Keunikan lainnya adalah dimana ikan ini bisa memiliki panjang mencapai 90 cm sehingga pastinya dibutuhkan tempat yang luas untuk menempatkannya. Untuk harganya juga sama, dimulai dari harga 2 jutaan.

•        Arwana Papua

Terakhir adalah Arwana Papua. Sesuai dengan namanya, ikan ini berasal dari Papua. Tanda fisiknya berupa warna hitam agak coklat. Kemudian terdapat bintik berwarna kuning namun tidak begitu mencolok.

Ikan ini juga bisa mencapai panjang 90cm serta berat hingga 17 kg. Mengenai harga berkisar antara 4 juta ke atas.

Jenis Ikan Arwana Asli Indonesia di atas memang benar – benar tumbuh dan hidup di perairan nusantara sehingga sudah sepatutnya anda merasa bangga karena negara kita menjadi habitat alami ikan yang dikenal mahal.