5 Ide Kreatif Lomba 17an yang Berfaedah!

Pada artikel sebelumnya saya menuliskan berbagai kejadian petaka lomba panjat pinang di tiap tahun, untuk itu saya harap lomba panjat pinang tidak usah diadakan saja.

Masih banyak kok ide Lomba 17 Agustusan yang lebih aman, dan tentu saja bisa menjadi meriah karena antimainstream.

Hari kemerdekaan RI ke 74 sudah tinggal beberapa hari lagi, sudah bisa kita lihat sepanjang jalan dimeriahkan dengan berkibarnya bendera merah putih serta berbagai layur dan riasan-riasannya.


Kemudian, yang membuat tanggal 17 agustus menjadi lebih meriah adalah berbagai lombanya. Diadakan lomba di hari kemerdekaan ini tujuannya adalah menciptakan kegembiraan untuk semua orang. Meningkatkan kekompakan warga, dan untuk mengingatkan kita pada jasa para pahlawan demi kemerdekaan Indonesia.

Maka dari itu, inilah 5 ide lomba 17an anti mainstream yang dapat anda coba untuk dilakukan di tempat anda.

1. Lomba Mirip Pahlawan Kemerdekaan

Ide lomba yang pertama yaitu lomba mirip pahlawan kemerdekaan, Pahlawan kemerdekaan itu ada yang laki-laki ada juga perempuan. Makanya lomba ini bakal cocok untuk semua gender. Nah penilaiannya bisa pakai juri profesional.

2. Lomba Cerdas Cermat

Lomba ini memang sih sudah sering dilakukan di instansi pendidikan, tapi kalau untuk 17an apa pernah?
Untuk konsepnya tentu saja disesuaikan dengan tema kemerdekaan ya. Untuk peserta boleh siapa saja, mau keluarga, mau hanya anak-anak, atau hanya bapak-bapak. Atau ibu-ibu. Pasti seru deh!

3. Lomba Layang Layang Garuda

 Ini sih untuk semakin memeriahkan, kan bulan agustus udah jarang hujan nih, jadi cocok banget dibikin lomba layang-layang bentuk garuda. harus bikinan sendiri ya, ga boleh beli.
Nah pemenangnya bisa dari seberapa tinggi, atau seberapa bagus bentuknya. Ya itu teknisnya panitia lah yang atur  oke.

4. Lomba Cari Harta Karun

Ini lomba asik banget sih harusnya, Jadi ada MC yang memberi petunjuk lokasi untuk mendapatkan harta karunnya. Klue bisa menyesuaikan dengan tema kemerdekaan ya.
Untuk harta karunnya bisa berupa baju, atau sovenir, atau apapun yang sesuai lah dengan tema yang dibuat panitia. Trus taruhlah secara acak kertas bertuliskan hadiah di sekitar lokasi kegiatan lomba, rame kayaknya nanti yang ikut. Ini buat selingan saja,
Ide teknis dari saya begini, misal kegiatan lomba agustusan ada di suatu tempat, nah tiap pergantian lomba atau sedang istirahat berikan petunjuk lokasi harta karun 1. (lomba ini ditujukan untuk semua orang, dalam artian menggaet antusias penonton agar terus berada pada lokasi). Lalu beralih ke acara berikutnya berikan petunjuk lokasi harta karun 2 dan seterusnya.

5. Lomba Cover Lagu Nasional

Ini sih lombanya keren dan kekinian, selain untuk mencoba mengangkat lagu nasional serta menumbuhkan jiwa nasionalisme. Kita jadi memberikan peluang bagi musisi desa/ musisi di masyarakat kita untuk unjuk diri.

Bagaimana ide ide tersebut?
Silakan dipertimbangkan ya?
Kalau boleh berikan dong komentarnya..