3 Manfaat Utama Ikan Gabus Bagi Kesehatan, salah satunya Percepat Penyembuhan Luka!

Ikan Gabus mempunyai banyak julukan di berbagai daerah di Indonesia. Misalnya saja di jawa biasa disebut dengan ikan bogo, kutuk, dan di berbagai daerah ada nama lainnya haruan (Kalimantan), spunkat (Palembang), bace (Aceh), khahebei, kayou (Papua).



Ikan ini biasa hidup di sungai air tawar, rawa, kolam, bahkan kadang juga dijumpai di sawah dan aliran irigasi.

Kalau ikan ini hidup di kolam, biasanya malah jadi predator bagi ikan lain. Maka sangat jarang sekali yang memang sengaja menebar ikan ini di kolam.
Oleh sebab itu, saat banyak orang telah mengetahui manfaat yang terkandung di dalam ikan gabus ini ikan ini masih sangat jarang ditemui.
Ya karena ikan gabus harus didapatkan dari habitat asli.

Mungkin harusnya nanti orang-orang mulai membudidaya ikan gabus saja ya biar kebutuhan akan ikan gabus tercukupi.

Sebelum beranjak ke manfaat utama ikan gabus, mari kita ketahui dulu kandungan nutrisi yang ada pada ikan gabus, yang konon lebih bernutrisi dari ikan salmon.

Kandungan Nutrisi Ikan Gabus

Sebelum mengenal manfaat utama ikan gabus, Anda perlu mengetahui lebih dulu kandungan dari ikan gabus itu sendiri.

Jadi bukan karena hal mistis atau apalah ya bro. Manfaat ikan Gabus ini ya emang karena kandungan nutrisi ikan gabusnya.

Ikan Gabus ini mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi, protein dalam ikan gabus jumlahnya lebih dari 25% yang merupakan jumlah yang cukup tinggi dibandingkan jenis ikan lainnya. Lihat perbandingan kandungan protein dari berbagai sumber protein berikut.


Dari grafik tersebut bisa terlihat bahwa kandungan protein ikan gabus yang paling tinggi.
Protein ikan gabus yang tinggi ini, termasuk protein albuminnya yang tinggi. Albumin merupakan protein utama dalam darah yang diproduksi oleh hati.
Albumin memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh, yaitu menjaga tekanan darah dan menjaga agar cairan darah tidak bocor dari pembuluh.

Kandungan lainnya yang terkandung dalam ikan gabus adalah omega-3, zat besi, fosfor, kalsium, vitamin A, vitamin B1.

3 Manfaat Utama Ikan Gabus Bagi Kesehatan

Jadi apa sih khasiat utamanya? setelah dipaparkan kandungan ikan gabus tersebut maka tak perlu ragu lagi bahwa ikan gabus ini bisa dimanfaatkana untuk sebagai berikut

1. Percepat Penyembuhan Luka


Tentu saja, dengan kandungan protein sebanyak itu. Maka konsumsi ikan gabus akan menjadikan luka cepat sembuh.
Bagi yang abis operasi dan perlu cepat pulih, maka ikan gabus ini adalah pilihan yang tepat (asalkan tidak punya alergi ya)

Misal bagi cowo-cowo yang abis sunat juga mending cepetin penyembuhannya dengan makan ikan gabus ini. Ikan gabus ini juga cocok untuk dikonsumsi meski tidak luka ya, protein tinggi juga dapat mempercepat pertumbuhan otot tubuh.

2. Menjaga Pertumbuhan

Ikan gabus ini punya nutrisi yang tinggi, jadi cocok diberikan pada anak di masa pertumbuhan, untuk menjaga pertumbuhannya agar tidak kurang gizi, serta memberi asupan nutrisi untuk pertumbuhan anak.
Bagi masyarakat desa yang dekat dengan perairan, silakan lah coba budidaya saja ikan gabus ini. Keliatannya mudah kok, soalnya ikan gabus ini termasuk ikan bandel dan sulit mati.

3. Membantu Pembentukan Otot

Bagi yang badannya kurus, atau memang sedang menginginkan tubuh yang lebih ideal berisi, ikan gabus sangat cocok untuk dicoba. Kandungan nutrisi ikan gabus ini sangat ideal, apalagi rasanya yang empuk nikmat. Wah memang patut dicoba dan ditumani ini.

Penutup

Manfaat ikan gabus ini bisa didapatkan dengan cara mengkonsumsi ikan gabus secara langsung (dimasak dulu tentunya), ataupun dengan meminum kapsul dari ekstrak gabus. Btw udah ada loh kapsul ekstrak ikan gabus. Jadi bagi yang kurang suka dengan makanan ikan gabus ini bisa kok minum kapsulnya saja.
Kalau mau minum ekstrak ikan gabus untuk pengobatan, jangan lupa untuk konsultasikan dulu dengan dokter.
Oke, yuk mari kita konsumsi ikan gabus.

Sebarkan kabar gembira ini dengan share artikel ini.
#konsumsiikangabus