Mengapa Suhu Dieng Bisa Sangat Dingin? Mencapai -9 Derajat Celcius!

Dieng Yang Muncul Es

Akhir-akhir ini media sosial dihebohkan dengan adanya fenomena unik, yakni foto-foto oleh pengunjung di dieng yang berlatarkan selimut es. Seperti sedang di negara eropa saja.

Bagaimana tidak, kita yang masuk negara beriklim tropis, mengetahui ada tempat wisata unik layaknya di eropa pasti jadi penasaran lah untuk merasakan sensasi dinginnya dan memegang langsung tanaman yang tertutup es.

es di dieng
img src : instagram @adhipatiey

Dieng terletak di perbatasan Banjarnegara dan Wonosobo, Jawa Tengah. Ada sebagian dieng yang masuk wilayah Banjarnegara, dan ada yang masuk wilayah Wonosobo.

Suhu terendah yang pernah dikabarkan oleh media adalah -9 derajat celcius, duh kebayang ga sih gimana dinginnya.

Lalu yang jadi pertanyaan adalah, mengapa ya suhu dieng bisa sedingin itu?
Simak beberapa penjelasan berikut :

Pendapat Para Ahli

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Mulyono R. Prabowo mengatakan bahwa fenomena ini terjadi karena dipengaruhi oleh aliran udara dingin dan kering yang datang dari Australia, hal ini dikenal dengan istilah angin muson timur. Angin ini bertiup saat matahari berada di belahan bumi utara, sehingga menyebabkan benua Australia mengalami musim dingin dan angin akan menuju utara yang memiliki suhu lebih tinggi.

Pendapat yang sama juga disampaikan oleh Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Thomas Djamaludin. Menurut Thomas fenomena ini adalah hal wajar dan sudah menjadi fenomena tahunan saat kemarau. Dia menjelaskan bahwa saat ini angin bertiup dari arah selatan, dan bukan hanya Dieng saja yang merasakannya. Banyak wilayah merasakan udara dingin dari selatan. Meskipun berada di daerah tropis, fenomena suhu dingin hingga terjadi es bukanlah hal yang aneh. Hal tersebut sangat mungkin terjadi terutama di daerah pegunungan tinggi seperti di Dieng atau Bromo. Suhu minus juga sudah terus terjadi di Puncak Jaya Papua yang berselimut salju abadi meskipun sudah berkurang karena pemanasan global.

puncak jaya papua
Puncak Jaya Papua

Analisis Pribadi

Dieng itu berada pada ketinggian sekitar 2000-2600 m di atas permukaan laut, sehingga mencapai batas ketinggian awan yang biasanya berada pada 2000 m (tak jarang Dieng juga disebut Negeri di Atas Awan). Karena itu, pada dasarnya daerah Dieng memang telah bersuhu dingin, semakin tinggi dari permukaan laut, suhu daerah memang akan menjadi lebih dingin.

img src : instagram @adhipatiey

Ditambah dengan angin dari selatan yang bersuhu dingin, serta juga saat malam awan biasanya akan turun, sehingga suhu Dieng menjadi lebih dingin bahkan menjadi -9 derajat celcius, dan awan yang kemungkinan mengandung uap air ini juga menyebabkan munculnya butiran es di daerah dieng.
Hal-hal tersebut adalah faktor yang menjadi penyebab kenapa suhu dieng bisa menjadi sangat dingin.