Cara Membuka Bisnis Les Privat Agar Laku

Les privat sekarang menjadi populer, dengan semakin banyaknya orang yang paham dgn pentingnya pendidikan, serta banyaknya yang ingin praktis tidak perlu antar jemput anak atau khawatir anak kecapean krna harus pergi pergi ke bimbel.
les privat menjadi pilihan terbaik orang tua karena bisa belajar sambil santai di rumah.
orang tua jadi tidak perlu khawatir lagi karena kegiatan anak bisa terpantau.

nah bagi anda yang ingin membuka usaha les privat ada baiknya anda coba baca artikel ini sampai habis. karena agar anda bisa lebih matang lagi persiapannya.
Tidak terkesan asal-asalan dalam membuat les privat. Hal ini penting karena nantinya akan membuat si ortu yakin untuk menggunakan jasa les privat anda.

1. Survei area

Sebelum anda benar-benar terjun ke bisnis les privat. Ada baiknya anda survei terlebih dahulu bagaimana kondisi area anda. Apakah banyak pelajar, apakah ada pengajar.
Lalu jaraknya bagaimana. Jika dilihat pangsa pasarnya bagus sekarang lanjut ke nomor 2

2. Survei kompetitor

Jika ternyata area anda sangat bagus untuk berbisnis di bidang les..ada baiknya anda survei ada berapa kompetitor untuk target area anda. Kemudian pelajari dan catat beberapa hal berikut:

  1. Sistem les mereka
  2. Tarif les mereka
  3. Gaji tentor mereka
  4. Seberapa laku mereka

4 poin diatas akan sangat berguna untuk memberikan gambaran les yang akan anda jalankan.

3. Persiapan

Ini persiapan berdirinya les privat anda. Yang 2 poin tadi baru permulaan saja. Sekarang jika sudah mantap, mari kita mulai ke bagian persiapan.
Jadi apa saja sih yang perlu disiapkan.
Berikut saya urutkan dari yg utama

a. Konsep Sistem Les

Sistem les yang perlu dikonsepkan ada beberapa hal. Anda perlu mempertimbangkan sistem untuk hal berikut:
Kegiatan belajar mengajarnya, sistem pembayaran siswa, sistem gaji pengajar, sistem komunikasinya, sistem khas les yang anda buat.
Nah untuk konsep konsep tersebut bisa anda susun berdasarkan data survei kompetitor serta dimodifikasi dengan ide yang anda punya

b. Membuat brand/nama les anda

Nama les itu penting agar disiapkan di awal.
Nama les akan selalu diingat oleh orang. Jadi pastikan nama yang anda buat adalah nama yang bagus serta menunjang les anda.
Nama les juga sebaiknya segera dibuat agar lebih mudah untuk pemasaran nantinya.
Untuk nama les diusahakan agar tidak menyamai dengan nama brand brand lain..buat nama yang unik.

c. Buatlah lowongan kepada para pengajar

Pengajar adalah pilar penting bagi les. Jangan sampai nanti ada murid yg tertarik untuk menggunakan jasa les anda dan bertanya "untuk pengajarnya siapa ya lulusan mana tinggal dimana".
 eh anda malah belum punya pengajar. Langsung kelihatan tidak profesional bisnis anda. Jadi kalau konsep sudah matang persiapan yang penting adalah menyiapkan pengajar.

d. Buatlah atribut untuk les

Meski nanti murid tidak les di rumah/kantor anda..anda tetap harus menyiapkan atribut misalnya logo atau banner spanduk untuk meyakinkan bahwa anda punya kantor dan les privat anda ini benar benar eksis.

e. Buat official akun

Bisa oa ig, wa bisnis, website, facebook. Intinya anda juga harus eksis di dunia maya.

f. Berdoa

Ini juga penting agar anda senantiasa sadar bahwa apapun yang anda lakukan harus disertai tawakal.

4. Eksekusi

Untuk tahap ini anda setidaknya sudah memiliki pengajar.
Dan langkah penting dalam eksekusi adalah promosi.
Promosi bisa dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya lewat sebar pamflet ke sekolah. Lewat banner yang ditaruh di dekat jalan. Atau bisa juga lewat online. Silakan anda buat promosi semenarik mungkin.

5. Pengembangan dan pengawasan

Begitu les anda sudah dapat murid dan mulai aktif. Jangan lupa anda tetap harus senantiasa melakukan pengembangan dan pengawasan agar kualitas les anda tidak turun. Bahkan harus terus meningkat.
Hal ini agar nantinya si murid bisa melakukan promosi ke temannya. Atau agar secara tidak langsung nnti murid anda jadi pinter pinter dan dengan meningkatnya hasil les anda dengan sendirinya les anda akan menjadi semakin banyak peminatnya.

Demikianlah ulasan singkat tentang langkah membuka bisnis les privat agar laku.
Silakan anda bisa coba langkah di atas.
Semoga sukses.