Tips Ngecas Enak, Biar Lebih Tahan Lama dan AMAN

Ngecas Hape juga ada caranya, biar hape jadi lebih awet..baterenya tahan lama, aman ga rusak.
Banyak orang yang ga merhatiin aturan-aturan dalam ngecas hape, padahal di buku panduan jga sebenernya dah ada tapi mungkin males baca sih ya..

Ini saya ada 11 Tips Ngecas HP yang benar

1. Pake charger ori

charger ori

Ya baiknya pake yang bawaan dari hapenya gitu, biar tegangan yang masuk itu pas. biar jodoh dan enak. Jadi kalo lagi keluar, mendingan gausah minjem charger orang lah ya, kali aja beda merek, beda tegangan atau amperenya malah hape'mu bisa demam.

2. Cabut sebelum Full


Banyak yang ngira, ngecas yang baik itu sampai ada tulisan baterai penuh lepas charge sekarang. Padahal kalau mengecas sampai full dan kelewatan justru bikin ngurangin ketahan lamaan baterainya.
Jadi sebaiknya sebelum benar-benar penuh udah dicabut aja. Daripada kelewatan ya ga!

3. Cas sebelum nol


Jangan nunggu ampe hape mati baru lu ngecas hape, itu bikin kapasitas baterai jadi melemah. Lama-lama jadi bisa ngedropan. Kualitasnya bisa turun, ngecas yang baik itu sebelum 15% ya guys..jangan keseringan kelewatan 15 % baru dicas..ga bagus

4.  Matikan HP saat cas


Ini yang kadang orang-orang enggan melakukan, padahal sangat bagus efeknya kalo hape dimatikan saat mengecasnya. karena kinerja ponsel bener-bener minim, jadinya baterai tidak melakukan pemakaian untuk daya..hanya fokus mengisi saja..ini yang bikin baterai jadi lebih tahan lama dan aman..

5. Kalau ga bisa matiin HP, yaudah seenggaknya jangan dipake dulu


Sering liat adikmu main game sambil ngecas hape, marahin aja..itu bikin baterai jadi cepet rusak..
pemakaian HP sambil ngecas bikin baterainya bekerja dobel, udah kerja diisi, sambil dipakai juga,,kualitasnya bisa turun, udah gitu jadi panas..berpotensi merusak ponsel juga..
Jadi lebih baik ga dipake apa-apa dulu aja..

6. Jangan asal pake power bank


Power bank abal abal itu ga jelas listrik outputnya seberapa, makanya kadang ada yang cepet banget full..itu bisa merusak baterai/..karena listriknya ga sesuai standar ponsel..
makanya jangan asal pake power bank..bahkan power bank dengan merk ternama pun juga mending jangan sering dipake lah ya, tetep beda ama charger, charger tuh dalemannya lebih kompleks dan listrik yang dihasilkan juga lebih stabil dan sesuai ama ponsel..
jadi pake power bank kalau pas lagi kepepet aja

7. Jangan ngecas lewat port USB,


kadang kalo lagi di perjalanan ada bus yang ada port USB untuk ngecas, atau di motor,,nah ini mending jangan keseringen dipake lah..

Sebenarnya boleh aja sih, asal saat benar-benar dalam keadaan darurat. Tapi mengisi daya lewat port USB laptop atau komputer cenderung lambat mengingat arus yang masuk biasanya hanya 0,5 A saja. Ini kan kurang dari standar ponsel yang biasanya butuh 1 A-2 A..

Meskipun mungkin kamu udah pede pake kabel data ori, tapi ga ngaruh ama listrik yang masuk guys..
kan yang ngatur input listrik itu kepalanya charger..jadi mending ngecas langsung dari charger orinya..

8. Jangan menaruh di tempat yang empuk saat Charger


Pasti anda sering melakukan hal itu bukan?? Sekarang ubah kebiasaan anda itu.
Di atas tempat tidur, di sofa dan di tempat tempat yang beralaskan empuk, itu bikin panas yang dihasilkan terakumulasi, jadi makin ningkat..Efeknya ya hapemu jadi panas banget gitu..bisa bikin rusak..mending hindari lah ngecas ditaruh diatas tempat empuk..
Tapi kalo ngecas enak sih mending nyari yang empuk guys wkwkwkwk

9. Jangan meninggalkan HP di luar pengawasan kita

Ya banyak lah ya resikonya, pertama dan paling utama kan bisa ilang hape kita di colong orang..
selain itu bisa bikin ngecas terus-terusan, kan kita gatau udah ful apa belum..jadi mending kalo ngecas hape jangan ditinggal ya guys.,misal sambil ngapa gitu ya masih dalam pengawasan sebaiknya ya/./.

10. Gunakan baterai original


Tadi kan udah chargernya harus ori, sekarang baterainya juga harus ori ya guys, biar sesuai standar kebutuhan ponsel anda;.;jangan pake abal abal..
ciri-ciri baterai ori ya biasanya kalo beli hape baru, nah baterai yang disitu itu ori wkwkwkwk
kalo beli baterainya doang ya mending tanya pedagangnya guys yang lebih tau..kalo takut ditipu suruh sumpah aja wkwkwkwk
becanda,,ada kok ciri-cirinya..
kalo samsung biasanya sih ada hologramnya gitu, hologram beneran, 4 side..kalo abal abal sih kadang ada hologramnya juga tapi cuma 1 side paling..
kalo lenovo biasanya ada barcodenya yang khusus..lah intinya dibilang mending tanya pedagangnya aja..

11. Ngecasnya pagi hari

Banyak orang yang melakukan pengisian daya baterai HP saat malam hari. Biasanya biar ditinggal tidur dan saat bangun, daya HP sudah terisi penuh. Jika hal ini terjadi pada zaman dulu maka bisa dikatakan cukup berbahaya karena HP zaman dulu jika sudah terisi penuh harus segera dicabut dari arus listrik untuk kesehatan baterai.

HP modern sudah punya pemutus arus otomatis ketika daya baterai sudah terisi penuh. Jadi banyak orang yang sudah tak begitu khawatir meninggalkan HP dalam kondisi cas saat tidur. Namun perlu diketahui, meskipun diperbolehkan ngecas HP samalaman, tapi kalo kelewatan bisa ngurangi umur baterai guys..
ngecas yang baik ya saat pagi sebelum berangkat kerja atau beraktivitas

Mungkin segitu dulu ya guys tips ngecas hp yang benar..
Silakan share jika dirasa bermanfaat..
bye,