7 Fakta Unik Tentang Ikan Guppy

Halo bro-bro, buat yang baru mulai baca artikel saya tentang ikan guppy nih, kebetulan kalo mampirnya di artikel ini, karena apa?
Karena saya bakalan beberin 7 Fakta Tentang ikan Guppy..
Tentunya bisa buat bahan pertimbangan nih, mau pelihara ikan guppy atau engga.
Daripada bingung kan mau pelihara apa, atau lagi pengen ada kegiatan di rumah,,
Ikan guppy ini sangat mudah dirawat bro, bahkan oleh pemula sekalipun..
Karena ikan guppy punya daya tahan tubuh yang baik, dia tak begitu membutuhkan asupan oksigen terus menerus, guppy jg siap untuk ditempatkan di ember..ga percaya? saya sendiri udah nyoba pelihara guppy pake ember..sampe beranak pinak malah..

Tapi nih ya, ternyata banyak orang yang belum tau fakta unik tentang ikan guppy ini..
Apa aja sih faktanya?

Fakta #1 Guppy adalah nama kebetulan dan asalan

Guppy dinamai oleh Robert John Lechmere Guppy, seorang peneliti dan ahli geologi..penamaannya ini tanpa menggunakan penamaan ilmiah formal.
Ya seenak sendiri aja, kan doi menemukan ikan di Trinidad pada tahun 1866, nah abis itu dinamain deh pake namanya sendiri..buat menghargai penemuannya mungkin,, itu kabarnya menurut Institut Nasional Pendidikan Tinggi, Penelitian, Sains dan Teknologi.
Sebenernya ikan ini sebelum dinamain Guppy, udah ditemuin oleh W.C.H. Peters di Berlin, tapi ikan ini masih diabaikan

Fakta #2 Mereka Menyukai Perairan Tropis

 Guppy adalah spesies ikan air tawar, ikan ini banyak ditemukan hidup bebas di Amerika Selatan. Ada hampir 300 jenis guppy di seluruh sungai di Amazon, serta di Barbados, Brasil, Guyana, Trinidad dan Tobago dan Venezuela.
Makanya bagi kalian yang mau memelihara ikan guppy ini, pakailah tiruan alam seolah olah ia sedang di perairan tropis,..bolehlah kasih pasir/tanah,,
juga beri tumbuhan,.,
beri filter dan aerator..huh pasti betah tuh ikannya..

Fakta #3 Guppy adalah ikan yang sangat mudah dirawat

ikan guppy ini tidak manja, mereka doyan makan apa aja..tapi biar lebih sehat, mending kasih makanan yang terbaik.
silakan baca artikel saya berikut ini : 4 Pakan Ikan Guppy Terbaik dan Mudah Didapat
'Ikan guppy tidak mudah stress, dari bayi bahkan udah jago renang sendiri, jago ngumpet, jago makan sendiri..de bes evah pokoknya

Fakta #4 Ikan Guppy tidak bertelur

Ikan guppy ini mirip manusia, mereka awalnya hamil dulu..tapi ga 9 bulan guys..mereka hamilnya cuma sekitar 5 minggu lah,,nah abis itu mereka langsung beranak.. wat de fak?! yoi beranak..mereka melahirkan bayi kecil kecil yang langsung bisa renang guys..
Baca Juga : Bagaimana Cara Agar Ikan Guppy Cepat Beranak

Fakta #5 Guppy suka makan anaknya sendiri

Anjay kejem juga nih..ikan guppy ini suka makan anaknya sendiri loh guys,,mungkin ini udah insting alami juga sih..meskipun kamu kira udah ngasih makan cukup..induk guppy suka tiba tiba nyedot aja nih bayinya sendiri yang lagi renang di deket mulutnya..
ini karena untuk menjaga agar populasi ikan guppy ga meledak guys..
tapi kan kalo mau budidaya justru kita harus bisa dapet ledakan populasi guys..biar untung berlimpah..
maka dari itu sebaiknya pisahkan anakan dengan indukan untuk pembesarannya..atau bisa juga menaruh tanaman  tanaman air, biar anakan guppy pada punya tempat persembunyian.

Fakta #6 Guppy pernah digunakan untuk melawan Wabah Malaria

Ikan Guppy telah sengaja dibebaskan di perairan Asia untuk melawan penyebaran malaria. Pada tahun 2014, "gerakan guppy" anti-malaria di sebuah kota di India selatan bertujuan untuk mengendalikan malaria menggunakan ikan, yang memakan larva nyamuk.

Fakta #7 Guppy punya ratusan jenis dengan macam-macam warna dan bentuk sirip/ekor

ada warna item, putih, biru, merah, kuning, campur..ekornya ada yang kaya kipas, ada yang kaya mahkota, ada yang kaya pedang..keren lah guys banyak banget..makanya asik nih kalo pelihara ini..bisa sekalian buat koleksi..

Baca juga : [LENGKAP!] Sejarah dan Jenis Ikan Guppy

Itulah guys informasi fakta unik tentang ikan guppy..jadi udah siap jadi guppy brother?!!