Bagaimana Cara Agar Ikan Guppy Cepat Beranak

Salah satu keuntungan budidaya ikan guppy adalah banyak berhasilnya anakan yang hidup..meski sekali beranak hanya 20-70 ekor, tapi bisa 100% anakan guppy itu tumbuh berkembang besar jika dirawat dengan baik..

nah kisaran lama waktu guppy sampai beranak itu bisa 5 minggu-an lah..
Itu udah cepet kok, apalagi kalo kamu punya indukan banyak..wihhh tiap hari bisa panen anakan buat dipindahin ke kolam pembesaran..

Lalu kalo guppy lama beranaknya,

Bagaimana caranya agar bisa cepat beranak?

Ya tentunya lakukan hal ini

Maksimalkan Pemijahan

Pilihlah indukan Guppy betina yang berumur 3-4 bulan yang siap untuk di pijahkan, dan untuk indukan Guppy Jantan pilih dengan kualitas baik dengan ciri sehat dan memiliki warna yang paling indah supaya memiliki keturunan sama dengan indukannya.

Baca juga :
Perbedaan Ikan Guppy Jantan dan Betina


Kemudian Supaya Ikan Guppy Cepat Hamil dan Beranak yaitu bisa dengan  pemijahan 2 betina 1 jantan supaya kualitas baik atau juga dengan cara Perkawinan massal 10 Betina 5 Jantan atau lebih Pisahkan Indukan yang akan dikawinkan ke kolam khusus pemijahan. Hal ini agar memastikan kalau si betinanya itu dibuahi semua..

Biarkan perkawinan/pemijahan berlangsung selama 1-2 minggu atau 14 hari. Ciri - Ciri Ikan Guppy Hamil dapat dilihat setalah 2 minggu proses pemijahan/perkawinan. 


Setelah 14 hari proses pemijahan jika ada indukan betina ikan guppy dengan ciri perut membuncit dan ada titik hitam disekitar perutnya, itu menandakan proses pemijahan berhasil dan segera pisahkan indukan yang sudah hamil ke kolam perawatan indukan hamil, supaya tidak diganggu Jantan ikan guppy.

Berapa lama ikan guppy hamil ?

Berapa lama ikan guppy hamil, Setelah dilakukan proses pemijahan ikan guppy umumnya periode Kehamilan Ikan guppy selama 25-30 hari dan dari satu indukan Ikan guppy dapat melahirkan sebanyak 20-70 ekor anakan/burayak ikan guppy.

Berikan nutrisi yang tinggi bagi ikan guppy yang hamil

Kemudian agar guppy bisa cepat beranak ya kalian berikan perawatan ekstra pada indukan betina ikan guppy yang hamil dengan cara memberi asupan nutrisi yang baik dengan memberi pakan teratur.

Makanan yang baik untuk ikan guppy betina yang sedang hamil sebaiknya memberi pakan hidup seperti Kutu air/cacing sutra berimakan teratur pagi dan sore hari.

Updated!!! 
Pengalaman terbaru saya jangan beri makan guppy cacing sutra!! karena cacing sutra umumnya tubuhnya panjang, bisa jadi cacing sutra tidak langsung mati setelah dimakan guppy dan kemudian mengganggu pencernaan ikan guppy. Pengalaman saya setelah diberikan cacing sutra justru beberapa ikan mati. atau bisa jadi karena cacing sutra belum steril, perlu treatment agar cacing sutra aman untuk ikan guppy. seperti pembilasan dulu, sehingga saran saya lebih baik artemia saja atau malah pelet tinggi protein saja jika tidak mau repot. 

Pakan hidup memiliki kandungan nutrisi yang tinggi..

Kalau sudah beranak apa yang perlu dilakukan?

Sebelum indukan ikan guppy melahirkan sebaiknya letakan tanaman air yang banyak /cukup untuk sembunyi anakan ikan guppy karena indukan ikan guppy bersifat kanibal pada anakan yang baru lahir.
Setelah Indukan ikan guppy melahirkan burayak sebanyak 20-50 ekor anakan, langsung pisahkan indukan ke kolam pemulihan indukan setelah melahirkan dan dapat dipijahkan kembali 2 minggu setelahnya.

Untuk perawatan burayak ikan guppy yang baru lahir jangan langsung diberi pakan, biarkan 3-5 hari setelahnya kemudian beri makanan artemia /infusoria.

Demikian informasi tentang ikan guppy kali ini..semoga bermanfaat ya,.,silakan share dan komen ya