Indonesia Emang Kaya, Inilah 60+ Motif Batik di Indonesia

Sebentar lagi merupakan hari batik nasional, untuk memperingati bahwa indonesia ini kaya akan budaya batiknya,..jadi selamat hari batik nasional ya,,
nah selain mau ngasih ucapan selamat hari batik, disini saya mau membagikan informasi mengenai motif motif batik yang ada di indonesa beserta penjelasan singkatnya, semoga bermanfaat ya..
berikut adalah daftar daerah berdasarkan urut abjad,
  1. Motif Batik Aceh
  2. Motif Batik Bali
  3. Motif Batik Balikpapan
  4. Motif Batik Banjarmasin
  5. Motif Batik Banjarnegara
  6. Motif Batik Banten
  7. Motif Batik Banyumas
  8. Motif Batik Banyuwangi
  9. Motif Batik Bengkulu
  10. Motif Batik Betawi
  11. Motif Batik Blora
  12. Motif Batik Bojonegoro
  13. Motif Batik Bondowoso
  14. Motif Batik Brebes
  15. Motif Batik Ciamis
  16. Motif Batik Cianjur
  17. Motif Batik Cilacap
  18. Motif Batik Cimahi
  19. Motif Batik Cirebon
  20. Motif Batik Demak
  21. Motif Batik Gresik
  22. Motif Batik Jambi
  23. Motif Batik Jepara
  24. Motif Batik Jombang
  25. Motif Batik Kediri
  26. Motif Batik Klaten
  27. Motif Batik Kudus
  28. Motif Batik Lamongan
  29. Motif Batik Lombok
  30. Motif Batik Lumajang
  31. Motif Batik Madiun
  32. Motif Batik Madura
  33. Motif Batik Magetan
  34. Motif Batik Majalengka
  35. Motif Batik Malang
  36. Motif Batik Maluku
  37. Motif Batik Minangkabau
  38. Motif Batik Mojokerto
  39. Motif Batik Nusa Tenggara Barat
  40. Motif Batik Palembang
  41. Motif Batik Palangkaraya
  42. Motif Batik Palu
  43. Motif Batik Papua
  44. Motif Batik Pasuruan
  45. Motif Batik Pekalongan
  46. Motif Batik Ponorogo
  47. Motif Batik Pontianak
  48. Motif Batik Purbalingga
  49. Motif Batik Purwakarta
  50. Motif Batik Rembang
  51. Motif Batik Riau
  52. Motif Batik Samarinda
  53. Motif Batik Semarang
  54. Motif Batik Solo
  55. Motif Batik Sukabumi
  56. Motif Batik Surabaya
  57. Motif Batik Tasik
  58. Motif Batik Tegal
  59. Motif Batik Tuban
  60. Motif Batik Tulungagung
  61. Motif Batik Yogyakarta

yuk kita cek dimulai dari :

Motif Batik Aceh

Motif Batik Aceh
src : infobatik.id

Ciri khas dari batik Aceh adalah menggunakan perpaduan unsur alam dan budaya dari masyarakat Aceh itu sendiri. Untuk masalah warna, batik Aceh lebih dominan menggunakan warna yang cerah.

Keberanian memainkan warna itulah yang menjadikan batik Aceh terkesan unik dan glamor. Selain itu, Aceh merupakan daerah yang memiliki pengaruh Agama Islam yang kuat. Sehingga jarang sekali masyarakat Aceh menggunakan motif binatang yang merupakan larangan dalam Agama Islam.

Seperti halnya batik dari tanah Jawa, kain batik Aceh juga memiliki makna dan filosofi luhur kehidupan di setiap motif batiknya. Beberapa motif batik Aceh diantaranya motif pintu Aceh, motif tolak angin, motif batik bungong jeumpa, motif batik awan meucanek, motif batik rencong, motif batik awan berarak, motif gayo Aceh, dan motif batik pucok reubong

Motif Batik Bali

Motif Batik Bali
src : infobatik.id

Ciri khas dari kain batik Bali adalah terletak pada motifnya yang memadukan antara motif tradisional dan motif modern. Selain itu, kain batik Bali mempunyai ciri khas adanya lambang-lambang daerah seperti naga, burung bangau, kura-kura, dan rusa.

Dilihat dari motif dan bentuknya dapat dikatakan bahwa motif yang ada pada batik Bali ini tidak mempunyai batasan dalam hal pengeksplorannya. Batik Bali sendiri banyak terinspirasi oleh semua hal yang berada di Bali.

Motif Batik Balikpapan

kebopotamus.wordpress.com
Ciri khas batik Balikpapan motifnya menggunakan motif tumbuhan-tumbuhan yang biasa di aplikasikan pada ukiran kayu suku-suku dayak.

Untuk kedepannya, Kota Balikpapan akan mengembangkan motif batik yang mengambil unsur jahe balikpapan, beruang madu, dan hutan mangrove yang merupakan ikon Kota Balikpapan.

Motif Batik Banjarmasin

batikku.club

Batik Banjarmasin yang terkenal adalah batik sasirangan. Batik ini mempunyai beberapa macam motif dan diberi nama sesuai dengan corak atau gambarnya.

Beberapa motif batik sasirangan adalah motif sasirangan gigi haruan, sasirangan kambang sakaki, sasirangan kambang kacang, sasirangan hiris gagatas, sasirangan daun jaruju, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Motif Batik Banjarnegara

kainusa.id
Banjarnegara merupakan salah satu sentra penghasil batik di Indonesia. Batik Banjarnegara yang terkenal adalah batik gumelem. Ciri khas dari batik Banjarnegara adalah warnanya yang didominasi oleh warna coklat, hitam dan kuning serta bermotif bunga.

Motif gumelem sendiri terbagi menjadi 2 jenis corak, yaitu corak klasik dan corak kontemporer. Motif dengan corak klasik antara lain, pring sedapur, sungai serayu, gajah uling, dan lain-lain. Sedangkan motif dengan corak kontemporer adalah kawung ceplokan, sawung alit, lumbu pari, dan lain-lain.

Motif Batik Banten

batik-tulis.com

Ciri khas batik Banten adalah memiliki corak warna yang cenderung ceria dengan memanfaatkan perpaduan warna pastel yang berkesan lembut. Hal tersebut melambangkan bahwa masyarakat Banten mempunyai karakter dengan hati yang lembut.

Selain itu, batik Banten mempunyai ciri khas pada pola hias gerabah klasik dan keramik dari peninggalan kerajaan Banten. Filosofi batik Banten banyak bercerita tentang sejarah seperti nama bangunan, gelar, tempat dan lain-lain. Beberapa motif Banten yang terkenal adalah motif mandalikan, sabakingking, pasepen, pejantren, pasulaman, kapurban, dan lain-lain.

Motif Batik Banyumas


Ciri khas batik Banyumas adalah warnanya didominasi dengan warna-warna dasar kecoklatan dan hitam. Motif batik Banyumas dinamakan dengan nama motif Jonasan. Motif batik ini banyak terinspirasi oleh tumbuhan dan hewan, sesuai dengan lingkungan yang terdapat di Banyumas.

Batik Banyumas dikenal sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kebebasan. Nilai inilah yang menjadi filosofi berkembangnya motif-motif batik yang ada di Banyumas. Diantaranya adalah Motif Ayam Puger, Madu Bronto, Jahe Puger, Batu Wiljinan, Kawung Jenggot, dan lain-lain.

Motif Batik Banyuwangi

backbanyuwangi.blogspot.com
Motif batik Banyuwangi merupakan sebuah perwujudan dari berbagai hal yang berkaitan dengan ciri khas daerah Banyuwangi. Batik Banyuwangi mempunyai nilai estetika yang sangat mempesona. Semua nama batik asli yang terdapat di Banyuwangi ini ternyata banyak dipengaruhi oleh keadaan alam.
Beberapa motif kain batik Banyuwangi hanya mengedepankan nilai estetika dan menggambarkan jati diri dari masyarakat Banyuwangi itu sendiri.

Motif Batik Bengkulu

batikbumi.net

Ciri khas batik Bengkulu adalah motifnya lebih dominan ke arah huruf arab atau kaligrafi dan bunga raflesia yang merupakan ciri khas kota Bengkulu. Selain itu ada juga motif burung walet, karena di Bengkulu Selatan merupakan sentra produksi burung walet.

Uniknya lagi, motif batik Bengkulu di kombinasikan dengan motif lain seperti motif burung kuau, relung paku, dan lain sebagainya.

Motif Batik Betawi

infojakarta.net

Ciri khas batik Betawi adalah keunikan pada warnanya yang semarak sesuai dengan selera orang Betawi. Motif batik Betawi juga tidak lepas dari budaya yang berkembang di Betawi. Selain itu motif batik Betawi juga banyak dipengaruhi oleh budaya-budaya China, Arab, Belanda, dan India.

Dalam pewarnaan, batik Betawi didominasi dengan warna-warna cerah seperti biru terang, pink, hijau, dan orange. Batik Betawi jarang menggunakan warna gelap karena dianggap sebagai warna yang mengekspresikan kesedihan.

Motif Batik Blora

infobatik.id

Hampir di sejumlah daerah yang ada di Jawa Tengah memiliki motif batik khas masing-masing, termasuk Kabupaten Blora juga memiliki batik tulis khas. Meskipun belum setenar daerah lainnya, batik khas Blora juga mulai diminati konsumen dari berbagai daerah di Tanah Air. Bahkan, wisatawan mancanegara juga mulai tertarik dengan motif batik khas Blora. Motif Batik Blora sangat kental dengan budaya lokal sehingga batik Blora berbeda dengan motif daerah lainnya. Selanjutnya Pemda setempat mendesain Batik Blora yang mengusung kekhasan Blora salah satunya yang dituangkan ke dalam motif batik adalah Motif Sate.

Motif Batik Bojonegoro

kholis-modif.blogspot.com

Bojonegoro merupakan sebuah daerah yang mempunyai kekayaan alam dan budaya yang sangat luar biasa. Kekayaan ini lah yang menginspirasi masyarakat Bojonegoro untuk menjadikannya sebagai motif batik khas Bojonegoro.

Batik khas Bojonegoro biasa disebut dengan nama batik Jonegoroan dan memiliki 9 motif batik yang terkenal. Diantaranya adalah motif Jagung Miji Emas, Gastro Rinonce, Mliwis Mukti, Parang Jembul Sekar Rinandar, Parang Dahano Munggal, Pari Sumilak, Sata Gondo Wangi, Sekar Jati dan Rancak Thengul.

Motif Batik Bondowoso

infobatik.id

Motif Batik ini banyak yang menyebut dengan nama Batik Singkong Maesan dan juga dengan sebutan batik Sumbersari. Motif Batik yang menggambarkan bentuk daun singkong dan juga bentuk tembakau ini merupakan cerminan dari kehidupan masyarakat Bondowoso yang kebanyakan mendapatkan penghasilan dari dua benda tersebut. Masyarakat daerah Bondowoso ini banyak yang bertani tembakau dan juga merupakan penghasil tape yang berasal dari singkong. Hal inilah yang menyebabkan Motif Batik dengan bentuk singkong dan tembakau adalah batik yang menjadi ciri bagi daerah ini. Kedua motif baju batik ini memiliki keindahan dan juga bentuk yang menarik dengan cara mereka masing masing sehingga membuat batik ini menjadi semakin kaya akan motif yang bagus dan juga unik.

Motif Batik Brebes

anekabatikanak.blogspot.com

Brebes merupakan daerah yang terkenal dengan telor asin dan bawang merahnya. Selain itu daerah ini mempunyai motif batik asli yang enggak kalah bagus dengan batik di daerah lainnya. Batik Brebes lebih dikenal dengan sebutan batik salem atau batik brebesan.

Ciri khas batik Brebes adalah banyak dipengaruhi oleh batik Pekalongan, Solo, Yogyakarta, Tegal, dan Banyumas. Untuk pewarnaan sendiri, batik salem didominasi oleh warna cokelat, hitam, dan putih dengan motif kopi pecah, manggar, dan ukel.

Motif Batik Ciamis


Batik Ciamis berbeda dengan kebanyakan batik lainnya. Corak batik Ciamis tidak terlalu rumit dan ramai. Motif batik Ciamis biasa disebut dengan nama Ciamisan dan mempunyai karakter yang sederhana.

Ragam hias batik Ciamis mempunyai nuansa naturalistik, banyak menggunakan gambar tumbuh-tumbuhan dan hewan serta lingkungan alam sekitar. Salah satu motif alam sekitar yang paling banyak dijumpai dalam batik Ciamisan adalah lereng atau rereng.

Motif Batik Cianjur

rumahukm.com

Cianjur merupakan daerah yang terkenal dengan beras dan ayam palungnya. Dari sinilah masyarakat Cianjur mengambil inspirasi untuk membuat motif batik Cianjur.

Ciri khas batik Cianjur adalah mempunyai warna-warna yang bernuansa natural seperti tumbuh-tumbuhan yang berada di daerah Cianjur. Umumnya warna batik Cianjur mendekati warna tanah, daun, atau bulir padi.

Motif batik Cianjur secara garis besar dapat digolongkan menjadi 4 jenis motif, diantaranya adalah motif beasan, mamaos, maenpo, dan hayam pelung.

Motif Batik Cilacap

fitinline.com

Cilacap merupakan daerah yang memiliki berbagai budaya yang khas dan unik, salah satunya adalah budaya membatik. Ciri khas batik Cilacap adalah mempunyai pilihan warna klasik, yaitu warna coklat, hitam, dan putih.

Untuk motif batik Cilacap pada umumnya terinspirasi oleh keadaan lingkungan sekitar seperti tumbuh-tumbuhan dan binatang. Batik Cilacap juga mempunyai motif kontemporer khas Cilacap, diantaranya adalah buah jeruk, buah growok, dan sungai serayu.

Motif Batik Cimahi

kainbatikcimahi.com

Kota Cimahi merupakan kota yang terkenal dengan kreatifitasnya. Kota ini juga mempunyai warisan batik asli yang enggak kalah dengan batik lainnya yang ada di Indonesia.

Kota Cimahi memiliki 5 motif batik asli, diantaranya adalah motif anyaman bambu, lereng kujang, daun singkong, curug cimahi, dan pusdik. Dilihat dari motif-motif tersebut dapat kita simpulkan, bahwa masyarakat Cimahi banyak terinspirasi oleh lingkungan alam daerah Cimahi itu sendiri.

Motif Batik Cirebon


Batik Cirebon mempunyai 2 kategori motif, yaitu motif keraton dan motif pesisiran. Motif keraton diambil dari ornamen-ornamen keraton dan warnanya cenderung warna sogan dan babar mas. Sedangkan motif pesisiran mengandung unsur flora dan fauna baik dari darat maupun dari laut dan mempunyai warna yang lebih terang.

Motif batik Cirebon yang paling terkenal sekaligus dijadikan sebagai lambang kota tersebut adalah motif Awan Mega Mendung. Motif ini banyak dipengaruhi oleh budaya china yang berkembang di Indonesia.

Motif Batik Demak


Ciri khas batik Demak adalah motifnya mengkombinasikan antara motif pesisiran dengan motif pertanian serta terdapat perpaduan corak Majapahit dengan nilai-nilai Agama Islam. Tujuannya untuk mengenalkan kembali berbagai macam corak batik Demak kepada para pecinta batik di seluruh Dunia.

Motif batik Demak banyak terinspirasi dari sejarah kerajaan Demak dan sangat menonjolkan motif pesisiran. Selain itu, motif batik Demak juga memiliki keunikan yaitu memadukan antara motif klasik dan motif kontemporer.

Motif Batik Gresik


Ciri khas batik Gresik adalah mempunyai filosofi yang mencerminkan ciri khas Kota Gresik. Salah satu motif batik yang terkenal adalah motif loh bandeng. motif loh bandeng merupakan ikan khas dari Gresik.

Motif Batik Jambi

batikbumi.net

Ciri khas batik Jambi adalah motif utamanya adalah motif fauna dan flora. Selain itu, batik Jambi juga memiliki keunikan dari segi warna yang sederhana dan mempunyai motif yang khas, yaitu bentuk motif yang tidak berangkai, seperti batang hari, duren pecah, bungo pauh, dan lain-lainnya.

Motif Batik Jepara

batiksekarjepara.com

Jepara merupakan sebuah daerah yang terkenal dengan penghasil ukiran kayu. Akan tetapi Jepara juga mempunyai batik khas daerah tersebut dan sudah diakui di Dunia Internasional.

Ciri khas batik Jepara adalah motifnya yang unik seperti ukiran-ukiran pada kayu. Selain itu dalam segi pewarnaan, pada umumnya batik Jepara menggunakan warna gajah coklat, ulir hijau, lung hitam, dan beberapa warna lainnya.

Batik Jepara juga disebut sebagai Batik Kartini, karena motifnya disesuaikan dengan motif yang diciptakan oleh R.A Kartini. Beberapa motif batik Kartini yang terkenal adalah motif srikaton, srigunung, parang gandosuli, dan bunga kantil.

Motif Batik Jombang


Ciri khas batik Jombang terletak pada motif dan warnanya. Dengan berbekal dengan kekayaan warisan agama dan budaya, maka terciptalah inspirasi untuk membuat batik yang mengkombinasikan kedua unsur tersebut.

Motif batik Jombang berupa ukiran segitiga dengan lancip dibawah. Motif ini terinspirasi oleh sebuah relief dari Candi Arimbi. Batik Jombang meruapakan salah satu kebijakan lokal yang dikembangkan dan sangat didukung oleh masyarakatnya. Inilah yang menyebabkan popularitas batik Jombang meningkat dikalangan lokal maupun nasional.

Motif Batik Kediri

butik-batik-indo.blogspot.com

Ciri khas batik Kediri adalah motif batik gumul yang merupakan ikon kabupaten Kediri yang menyerupai monumen L’Arch D’triomph di Perancis. Motif utama yang sering muncul dalam motif batik Kediri adalah gambar burung garuda.

Ada beberapa motif yang terkenal, antara lain motif garuda muka teratai mekar, garuda muka mukti, garuda muka ukel, serta garuda muka liris.

Motif Batik Klaten

infobatik.id
Keberadaan batik yang berasal dari Klaten ini tumbuh makin kuat pada awal tahun 1990an, dan terus mengalami peningkatan dan sampai saat ini terus menerus berkembang pesat. Batik Sragen memiliki gaya yang pada awalnya cukup mirip dengan gaya batik yang berasal dari kota Solo. Sekarang setelah bertahun-tahun perkembangan batik yang berasal dari Sragen ini mulai bisa menemukan ciri khasnya yaitu dengan menerapkan berbagai kombinasi Motif Batik yang baku seperti Motif Batik Parang, Batik Sidoluhur, Motif Sidomukti, Motif Kawung, Motif  Sekarjagad, Motif  Babon Angrem, Motif  Srikaton, Motif Wahyu yang turun tumurun dipadukan dengan berbagai motif yang menggambarkan corak flora dan corak fauna.

Motif Batik Kudus

raparapa.com

Ciri khas batik Kudus adalah corak dan motifnya lebih condong ke batik pesisiran dan mempunyai kemiripan dengan batik Pekalongan. Salah satu motif yang terkenal adalah motif kapal kandas.

Motif Batik Lamongan

duniaq.com

Batik Lamongan juga biasa disebut dengan nama batik sendang. Hal itu dikarenakan sentra batik di Kota Lamongan berada di desa sendang.

Batik sendang mempunyai beberapa karakteristik yang sangat berbeda dengan batik di daerah lainnya. Ciri khas batik Lamongan adalah mempunyai goresan gambar yang sangat detail dan rumit.

Selain itu, ciri khas yang dimiliki batik Lamongan adalah motif burung slempang, gapuro tanjung kodok, paten, dan motif gendang ceplik bandeng lele dan sebagainya.

Motif Batik Lombok

infobatik.id
Provinsi Nusa Tenggara Barat terdiri dari tiga pulau yaitu pulau Lombok, pulau Sumbawa dan pulau Komodo, dengan ibukotanya Mataram, terletak di pulau Lombok.

Batik Lombok, disebut juga Batik Sasambo yang merupakan akronim dari Sasak (lombok), Samawa (Sumbawa) dan Mbojo (Bima) adalah tiga suku besar yang menghuni Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Motif batik Sasambo yang terkesan abstrak, sangat indah dan terkesan mistis. Lebih dari itu, ternyata mempunyai nilai sejarah, seni dan filosofi yang sangat tinggi. Setiap motif berkaitan dengan tradisi sehari hari masyarakat NTB.

Motif Batik Lumajang

kimnawalalmj.blogspot.com

Batik Lumajang mempunyai motif yang khas, yaitu motif pisang agung dan gunung semeru. Ciri khas batik Lumajang masih menggunakan warna-warna yang alami seperti warna yang berasal dari tanaman manggis maupun pisang.

Batik Lumajang mempunyai corak atau motif yang sangat banyak, namun lebih dominan pada motif flora seperti pohon pisang. Namun ada juga motif lainnya seperti motif burung penglor dan motif sulur.

Motif Batik Madiun

fitinline.com

Batik Madiun biasa disebut dengan nama Batik kenongo. Batik Madiun mempunyai motif yang berbeda dengan motif dari daerah lainnya. Motifnya berupa kris yang terinspirasi dari cerita sejarah Madiun. Terdapat pula motif batik porang yang terinspirasi oleh tumbuhan dari Madiun.

Selain motif tersebut, ada beberapa motif batik lain yang diproduksi di Magetan. Diantaranya adalah motif pring temu rose, parang rusak, cucak rowo, dan lain-lainnya.

Motif Batik Madura


Ciri khas batik Madura terdapat pada warna dan motifnya. Dari pewarnaan, batik Madura cenderung memilih warna yang berani, seperti warna kuning, hijau, merah. Selain itu, ciri khas batik Madura dapat dilihat dari banyaknya garis pada satu desain batik.

Ragam motif Madura sangat banyak, terinspirasi oleh lingkungan alam sekitar seperti motif tumbuh-tumbuhan, binatang, serta kombinasi dari motif batik kreasi sendiri.

Motif Batik Magetan

batik-tulis.com

Magetan merupakan salah satu kota yang terkenal dengan sentra kerajinannya. Magetan memiliki potensi untuk membuat batik sebagai ciri khas kabupaten tersebut. Batik Magetan biasa disebut dengan nama batik sidomukti atau batik pring.

Motif Batik Majalengka

infobatik.id
Pemerintah Kabupaten Majalengka Jawa Barat telah menetapkan 5 motif batik sebagai ikon daerah yang mewakili sejumlah produk etnik unggulan wilayah tersebut. Kelima motif batik yang telah lama dikembangkan di Majalengka adalah Motif Kota Angin, Simbarkencana, Nyi Rambut Kasih, Laut Ngibing, dan Motif Mangga Gedong Gincu.
Motif batik seperti mangga gedong gincu mewakili salah satu komoditas perkebunan unggulan di Majalengka. Mangga gedong gincu bahkan dijadikan simbol daerah yang dibuatkan monumen di wilayah perbatasan Majalengka.

Motif Batik Malang


Ciri khas dari batik Malang adalah dibuat dengan berdasarkan ilustrasi candi-candi Hindu. Salah satu motif batik Malang yang terkenal adalah motif bunga teratai. Motif-motif batik yang terdapat di Kota Malang mempunyai filosofi harapan suatu keluhuran dari pemakainya.

Beberapa motif batik Malang yang terkenal adalah dele kecer, sawat kembang pring, kucewara, kembang kopi, teratai singo, celaket, kembang juwet, kembang tanjung dan lain-lainnya

Motif Batik Maluku


Batik Maluku mempunyai ciri khas yaitu cengkeh, pala, parang, dan salawaku. Beberapa motif batik Maluku yang terkenal adalah motif cengkeh gugur, motif debur ombak, motif khas pulau seram, dan budaya maluku.

Batik Maluku juga mempunyai ragam warna yang terang, kalem, gelap, dan biru laut. Kain yang dipakai adalah kain katun dan sutra

Motif Batik Minangkabau

gadogadoenak.blogspot.com

Ciri khas batik Minangkabau adalah motifnya lebih banyak mencerminkan motif-motif ukiran rumah adat Minang serta motif kain songket khas Minangkabau. Beberapa motif yang terkenal adalah motif pucuk rebung, sicam, siku-suku baragi, dan kalauk paku.

Selain itu motif batik Minangkabau juga dipengaruhi oleh budaya India, Portugis, China, Thailand, dan Melayu. Motif batik tradisional Minangkabau adalah motif kuda laut dan burung hong.

Motif Batik Mojokerto

infobatik.id
Pada Zaman dahulu sebelum krisis ekonomi akibat perang dunia I Pasar Porong dikenal sebagai pasar yang ramai dengan banyaknya hasil kerajinan batik dari Kedungcangkring, Jetis, Sidoarjo dan sekitarnya dengan adanya krisis yang melanda banyak pengusaha batik yang bangkrut dan setelah krisis usai baru mulai bangkit kembali perlahan lahan setelah Mojokerto masuk menjadi bagian dan Republik Indonesia. Secara umum batik Tulung agung dan Mojokerto masih di pengaruhi motif dari Solo dan Yogya dan sentra batik Tulungagung desa Majan dan desa Simo.

Sedangkan Mojokerto berada di daerah Kwali, Mojosari, Betero dan Sidomulyo. Batik Majan dan Simo. Batik Majan dan simo sangat unik karna warna dasarnya merah menyala dari kulit mengkudu dan warna lainnya dari daun tom dan sentra batik nya berada di desa sembung.

Motif Batik Nusa Tenggara Barat

goresancanting.blogspot.com
Seni batik telah menjadi suatu hal yang berhasil diakui oleh lembaga internasional. Seni pembuatan batik saat ini telah muncul di berbagai daerah seperti di daerah Nusa Tenggara Barat. Lokasi ini telah membuat berbagai macam Motif Batik yang menjadi motif khusus dari daerah mereka yang sangat indah. Batik yang dibuat oleh masyarakat daerah ini dikenal dengan nama Batik Sasambo. Nama ini berasal dari tiga etnis yang ada di wilayah Nusa Tenggara Barat ini yaitu suku sasak di daerah Lombok, kemudian Samawadi di daerah Sumbawa dan satu lagi adalah Mbojo di wilayah Bima.

Motif Batik Palembang

infobatik.id

Batik Palembang mempunyai motif yang tak kalah indahnya dengan batik daerah lainnya. Batik Palembang mempunyai motif yang mengikuti syariat Islam, yaitu tidak menggunakan gambar makhluk hidup sebagai hiasannya.

Motif Batik Palangkaraya

dwiangrainyaf.blogspot.com

Ciri khas batik Palangkaraya adalah motifnya menggambarkan suku asli daerah tersebut, yaitu suku dayak. Batik Palangkaraya biasa disebut dengan nama batik benang bintik. Motif batik ini dipengaruhi oleh kepercayaan suku dayak yang disebut Kaharingan.

Motif Batik Palu

fitinline.com

Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki batik yang khas. Di Palu, Sulawesi Tengah, terdapat pula batik khas palu bernama batik Bomba. Bomba berarti keterbukaan dan kebersamaan. Itulah sebabnya masyarakat Palu terbuka kepada siapa saja yang berkunjung.

Tradisi batik dan tenun Bomba di Palu sudah ada jauh dari sebelumnya. Tetapi dulu para orang tua di Palu membuat benang sutra yang kemudian ditenun dengan alat tenun tradisional hingga menjadi kain, lalu dibatik dengan bahan tinta yang berasal dari getah pepohonan menggunakan canting yang cetakannya dibuat dari kayu.

Motif Batik Papua

infobatik.id

Ciri khas batik Papua adalah mengkombinasikan warna yang cerah dengan motif etnik Papua yang asimetris. Kombinasi ini membuat batik Papua terlihat lebih eksotis. Sebagian besar motif batik Papua menampilkan unsur alam dan budaya masyarakat Papua.

Motif hewan yang biasa digunakan adalah burung cendrawasih, cicak, kadal, dan buaya. Biasanya motif-motif yang sifatnya natural ditambah dengan warna-warna yang relatif beragam membuat batik Papua semakin khas dan mempesona.

Motif Batik Pasuruan

batikhushblog.wordpress.com

Pasuruan mempunyai potensi alam yang sangat indah. Sehingga banyak dijadikan sebagai inspirasi dalam pembuatan motif batik khas Pasuruan. Motif batik Pasuruan yang terkenal adalah motif kembang sirih dan burung kepodangnya.

Motif ini dijadikan sebagai ikon daerah Pasuruan dan dijadikan sebagai seragam wajib untuk seluruh siswa sekolah dasar yang ada di daerah Pasuruan.

Motif Batik Pekalongan

increfest.com

Ciri khas batik Pekalongan adalah warnanya didominasi dengan warna-warna pesisir seperti merah, hijau, biru, dan orange. Batik Pekalongan mempunyai gambar yang nyata dan isinya penuh dengan corak ornamen garis dan titik.

Batik Pekalongan tidak hanya menggunakan motif fauna akan tetapi juga mengkombinasikan dengan unsur-unsur flora yang diambil dari motif Solo dan Yogyakarta.

Motif Batik Ponorogo

ikarahma30.blogspot.com

Ciri khas batik Ponorogo adalah mempunyai motif merak dan reognya. Batik Ponorogo terbagi menjadi 2 jenis, yaitu batik klasik dan batik kontemporer.

Batik klasik mempunyai warna yang cenderung gelap dengan motif tumbuh-tumbuhan dan hewan. Motif-motif tersebut adalah ireng reog, sekar jagad, klitik, dan sebagainya.

Motif Batik Pontianak

tokopedia.com

Ciri khas batik Pontianak adalah motif dan coraknya dipengaruhi oleh suku Melayu. Motif yang sering kita jumpai adalah motif pola bunga dan arwana. Selain itu, untuk pewarnaan menggunakan warna-warna yang cerah agar terlihat meriah.

Beberapa corak batik yang sering digunakan adalah motif awan berarak, dayak, tidayu dan sebagainya.

Motif Batik Purbalingga

langgamlangitsore.blogspot.com

Purbalingga terkenal sebagai kota perwira. Selain itu, Purbalingga mempunyai batik khas yang enggak kalah mempesona dengan batik daerah lainnya.

Ciri khas batik Purbalingga adalah memiliki gaya isian dan ornamen penghias. Adapun motif yang terkenal adalah motif lumbon, motif, petean, motif jahe srimpang, dan lain sebagainya.

Sebagian besar motif batik Palembang adalah motif lasem dan motif bunga teh. Pembuatan Batik di Palembang agak sedikit berbeda dengan pembuatan batik seperti di daerah lainnya.

Kalau di Jawa batik cukup disampirkan lalu dimulai untuk membatik, akan tetapi di Palembang kain batik harus dibentangkan terlebih dahulu dengan kencang, kemudian dibatik.

Motif Batik Purwakarta

infobatik.id
Kabupaten Purwakarta juga memiliki kerajinan batik. Ciri khas batik dari Kabupaten Purwakarta di Jawa Barat ini dikenal dengan nama Batik Kahuripan. Motif batik khas ini adalah hasil dari sayembara pembuatan motif batik khas yang dilakukan oleh pemerintah kabupaten Purwakarta di tahun 2009.
Dalam motif batik kahuripan ini warna dasar yang dipakai adalah hitam dan motif batik yang diberi warna kuning emas. Motif batik Kahuripan ini juga terdapat dua pilar yang menjadi lambang dua kalimat syahadat. Selain itu ada juga pola suhunan julang ngapak yang menjadi lambang untuk perlindungan dan juga menjadi sebuah lambang pengayom bari seluruh warga.

Motif Batik Rembang

rembangkreatif.blogspot.com

Batik Rembang biasa disebut dengan nama batik Lasem. Ciri khas batik Rembang adalah motif dan warnanya dipengaruhi oleh kebudayaan China. Selain itu ciri khas dalam segi pewarnaan adalah warna merahnya menyerupai warna darah.

Warna merah yang khas ini menarik minat pembatik dari daerah-daerah lainnya untuk melakukan proses pewarnaan merah di daerah Rembang ini.

Motif Batik Riau

infobatik.id

Batik cap di wilayah Riau sempat berhenti pembuatan nya kala berakhirnya masa kejayaan pemerintahan kerajaan dan berhenti di produksi sampai beberapa waktu. Usaha untuk kembali membuat hidup seni batik di daerah Riau ini dilakukan oleh pemerintah Riau pada tahun seribu sembilan ratus delapan puluh lima. Pada masa itu pemerintah provinsi Riau berusaha menggali kembali dan juga menumbuhkan kesenian pembuatan batik cap dari wilayah ini dengan cara membuat berbagai macam pelatihan pembuatan batik terhadap masyarakat Riau. Namun pada masa itu seni batik yang dibuat bukan lagi batik cap seperti yang dibuat oleh nenek moyang mereka namun lebih membuat jenis batik jawa yang dibuat dengan menggunakan alat yang bernama canting.

Motif Batik Samarinda


Ciri khas batik Kota Samarinda adalah pewarnaannya menggunakan warna-warna cerah yang mencolok dan berani sehingga motif-motifnya terlihat lebih jelas dan mengagumkan. Motif batik Samarinda terinspirasi oleh kebudayaan yang melekat pada suku dan masyarakat Kaltim itu sendiri.

Daerah yang terkenal dengan batik tulisnya adalah suku dayak bahau yang bermukim di daerah hulu sungai mahakam.

Motif Batik Semarang

batik-tulis.com

Ciri khas batik Semarang adalah motif dan bentuknya sangatlah natural serta alami. Konsep motif batik semarang terlahir oleh ide kreatif pengrajinnya serta berkaitan dengan kebudayaan Kota Semarang.

Motif yang sering ditampilkan adalah gambar rumah adat istiadat, masjid, tanaman, binatang, dan beberapa relief yang terdapat di Kota Semarang.

Selain itu warna yang dihasilkan dalam motif batik Semarang mengkombinasikan kebudayaan yang berasal dari China, Indonesia, dan Belanda.

Motif Batik Solo


Ciri khas batik Solo adalah dalam pewarnaan kebanyakan menggunakan warna sogan. Warna sogan merupakan kombinasi warna coklat tua, coklat muda, coklat kekuningan, coklat kehitaman, dan coklat kemerahan.

Batik Solo terkenal dengan corak pola tradisionalnya baik itu batik cap ataupun batik tulis, terkenal dengan pola sidomukti dan sidoluruh.

Motif Batik Sukabumi

Batik khas asal Kota Sukabumi yang terdiri atas empat motif yakni Batik Paku Jajar, Pisang Kole, Daun Teh, dan Motif Buah Pala. Motif batik khas asal Kota Sukabumi tersebut kini mulai dikenal luas masyarakat. Perkembangan batik ini mulai menggeliat sejak 2011 lalu.  Sejak itu warisan budaya tersebut mulai digunakan oleh sejumlah instansi pemerintah dan swasta, sekolah maupun lembaga lainnya. Dampaknya, mulai bermunculan sejumlah pelaku usaha yang melirik perkembangan batik khas Sukabumi.

Motif Batik Surabaya


Saat mengamati batik Surabaya ada perbedaan antara batik Surabaya dengan batik dari daerah lain  yaitu konsep warna batik Surabaya lebih kuat dan berani seperti gambaran orang Surabaya yang berani dan kuat. Batik surabaya memiliki ciri yang khas yaitu, motif Kembang Semanggi, perahu khas Surabaya, Ayam Jago dalam legenda Sawunggaling  serta ikan Sura dan Buaya.

Motif Batik Tasik

indonesianbatik.id

Batik khas yang ada di Kota Tasik adalah batik priangan. Batik priangan merupakan batik yang memiliki motif sederhana, selaras, dan pantas digunakan untuk siapa saja. Dalam segi warna, batik priangan menggunakan warna yang cerah sehingga motif batik terlihat lebih detail dan jelas.

Keindahan dari motif batik Tasikmalaya juga bisa dilihat dari hasil batik cap khas Tasikmalaya. Salah satu motifnya adalah berbentuk bunga dan lingkaran bunga yang diwarnai dengan warna magenta.

Motif Batik Tegal

tegaljawatengah.blogspot.com

Tegal merupakan salah satu daerah yang memiliki batik asli yang enggak kalah bagusnya dengan batik di daerah lain. Batik tegal dibagi menjadi 2 motif, yaitu motif klasik dan motif pengembangan.

Dari segi pewarnaan, batik tegal menggunakan warna-warna yang gelap dan biasanya dikombinasikan dengan motif tumbuhan dan hewan.

Beberapa motif batik Tegal adalah cempaka putih, cempaka mulya, semut runtung, kembang kertas, kawung melinjo, gedong kosong, manuk surwiti dan masih banyak lagi yang lainnya.

Motif Batik Tuban

infobatik.id


Ciri khas batik Tuban adalah dipengaruhi oleh unsur-unsur kebudayaan jawa, islam, dan tiongkok. Batik Tuban juga termasuk kedalam batik pesisir. Motif yang biasa digunakan adalah gambar burung, bunga dan kijing miring.

Batik Tuban disebut juga sebagai batik gedog dan dari segi pewarnaannya, batik Tuban dibatasi oleh warna biru indigo, merah mengkudu, hitam, dan putih serta kekuning-kuningan.

Motif Batik Tulungagung

rradio.net

Ciri khas batik Tulungagung terlihat dari keindahan dalam mengkombinasikan warna dan variasi motif. Pewarnaan motif batik Tulungagung pada umumnya menggunakan warna-warna yang cerah dan berani.

Tulungagung mempunyai 3 jenis batik berdasarkan daerah pembatikannya, yaitu batik bangoan, batik kalangbret, dan batik majanan.

Motif Batik Yogyakarta

krjogja.com

Yogyakarta merupakan salah satu sentra perkembangan industri batik di Indonesia. Beberapa batik Yogyakarta yang terkenal adalah batik parang kusumo, truntum, tambal, kawung, dan pamiluto.

Ciri khas batik Yogyakarta adalah pewarnaannya banyak menggunakan warna putih, hitam, dan juga coklat. Selain itu, ciri khas batik Yogyakarta adalah motifnya menggambarkan penampakan figur manusia atau hewan dan setiap motif batik Yogyakarta pasti mengandung filosofi berupa ajaran moral untuk manusia.