Tentang 5G - Semua Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang 5G

Setelah 4G dapat dinikmati masyarakat, kini denger-denger akan muncul generasi selanjutnya yaitu 5G. Meskipun sudah mulai terdengar, namun memang 5G kemungkinan belum bisa dinikmati oleh konsumen tahun ini, karena masih dalam tahap perkembangan dan uji coba. Apa saja yang perlu anda ketahui tentang 5G ini?

Apa itu 5G?

5G adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan teknologi mobile networking generasi kelima yang akan datang.

Saat ini, 5G tidak menunjuk pada jenis teknologi tertentu. Bila 4G identik dengan LTE (Long Term Evolution), belum ada standar jaringan 5G yang disepakati. Namun, beberapa teknologi pendukung sepertinya sudah mulai bermunculan.

Bila dibandingkan dengan koneksi 4G, kualitas utama jaringan 5G adalah kecepatannya jauh di atas 4G. Kecepatan akan jauh lebih cepat dari jaringan saat ini. Iyalah pasti, namanya perkembangan pasti akan menuju lebih cepat dan lebih baik.

di generasi sebelumnya yaitu 3G, merupakan terobosan di bidang komunikasi. 3G menerima sinyal dari tower sinyal ponsel terdekat dan digunakan untuk panggilan telepon, pesan dan data.

hadirnya 4G masih bekerja mirip dengan 3G, namun dengan koneksi internet lebih cepat dan latency yang lebih rendah.

Nah di 5G ini, apa yang akan ditingkatkan?

Menurut perencanaan 5G milik Next Generation Mobile Network, koneksi 5G harus didasarkan pada 'pengalaman pengguna, kinerja sistem, layanan yang disempurnakan, model bisnis dan manajemen & operasi'.

Dan menurut Groupe Speciale Mobile Association (GSMA) untuk memenuhi syarat untuk sambungan 5G harus memenuhi sebagian besar dari delapan kriteria berikut:

  • Satu sampai 10Gbps koneksi
  • Satu setengah milisecond keterlambatan transfer data
  • Bandwidth 1000x per satuan luas
  • 10 sampai 100x jumlah perangkat yang terhubung
  • (Persepsi) ketersediaan 99,999 persen
  • (Persepsi) cakupan 100 persen
  • 90 persen pengurangan penggunaan energi jaringan
  • Masa pakai baterai hingga sepuluh tahun untuk daya rendah

4G mengklaim memiliki kecepatan sekitar lima kali lebih cepat dari layanan 3G yang ada dan secara teoritis, ia dapat memberikan kecepatan download hingga 100Mbps.

Hubert Da Costa, Vice President, EMEA di Cradlepoint mengatakan: "Koneksi 5G ditetapkan sekitar tiga kali lebih cepat dari 4G, dimulai dengan 450Mbps dalam arus tunggal, 900 Mbps (dual-stream) dan 1.3G bps (tiga -stream) Jadi, sementara kita sudah mulai melihat perkembangan yang besar pada perangkat smartphone, kecepatan dan kapasitas 5G akan memungkinkan koneksi yang lebih cepat di masa depan."

Kecepatan 5G

Sudah disebutkan tadi kalau 5G masih dalam perkembangan, namun mereka mempunyai persetujuan kalo nantinya diusahakan agar jaringan 5G memiliki kecepatan hingga 10Gbps, anjaaaaay..

Keuntungan 5G

Seperti semua generasi sebelumnya, 5G akan secara signifikan lebih cepat dari pendahulunya 4G.

Ini memungkinkan produktivitas yang lebih tinggi di semua perangkat berkemampuan dengan kecepatan download teoritis 10.000 Mbps.

"Saat ini standar mobile 4G memiliki potensi untuk menyediakan 100s Mbps. 5G menawarkan untuk membawanya ke dalam multi-gigabits per detik, sehingga meningkatkan 'Gigabit Smartphone' dan mudah-mudahan banyak layanan dan aplikasi inovatif yang benar-benar memerlukan jenis konektivitas. hanya 5G yang bisa ditawarkan, "kata Paul Gainham, direktur senior, SP Marketing EMEA di Juniper Networks.

Plus, dengan bandwidth yang lebih besar datang kecepatan download lebih cepat dan kemampuan untuk menjalankan aplikasi mobile internet yang lebih kompleks.

Kekurangan 5G

Namun, 5G akan lebih mahal untuk diimplementasikan dan hanya ponsel terbaru saja yang mungkin bisa terintegrasi, handphone lain yang keluaran lama bisa dianggap ketinggalan zaman.

Sambungan internet nirkabel yang andal dapat bergantung pada jumlah perangkat yang terhubung ke satu saluran. Dengan penambahan 5G ke spektrum nirkabel, ini bisa membuat kita berisiko mengalami kepadatan koneksi terhubung yang terlalu banyak.

4G dan bahkan 3G pun yang sudah dibuat dengan cepat, juga belum bisa membuat manusia puas dengan kecepatannya.

Juga di negara kita, 4G atau 3G belum bisa dinikmati menyeluruh, jadi peluncuran untuk 5G kemungkinan juga sangat tidak merata. karena tentu saja berhubungan dengan dana dan medannya.

Perkembangan 5G saat ini

5G masih dalam pengembangan, belum terbuka untuk digunakan oleh siapapun. Namun, banyak perusahaan sudah mulai membuat produk dan pengujian 5G.

Kemajuan penting dalam teknologi 5G berasal dari Nokia, Qualcomm, Samsung, Ericsson dan BT, dengan semakin banyaknya perusahaan yang membentuk kemitraan 5G dan menyumbangkan uang untuk terus meneliti 5G dan aplikasinya.

Qualcomm dan Samsung telah memfokuskan upaya 5G mereka pada perangkat keras, dengan Qualcomm menciptakan modem 5G dan Samsung yang memproduksi router berkapasitas 5G.

Baik Nokia dan Ericcson telah menciptakan platform 5G yang ditujukan untuk operator seluler daripada konsumen. Ericsson menciptakan platform 5G pertama awal tahun ini yang mengklaim menyediakan sistem radio 5G pertama. Ericsson memulai pengujian 5G pada tahun 2015.

Kapan Jaringan 5G dapat mulai dinikmati?

Sebagian besar memperkirakan 5G dapat mulai dinikmati pada tahun 2020, sebagai awal peluncuran teknologi jaringan 5G.

"Rasanya tepat jika industri mobile akan mengkomersilkan jaringan 5G pada 2020," kata Takehiro Nakamura dari NTT DoCo di lokasi percontohan jaringan 5G pada bulan Oktober 2015.

Sementara Huawei ingin mengembangkan standar 5G untuk bekerja di tahun 2018, tentu saja hal itu mungkin tidak dapat dipresentasikan tahun ini, melihat bagaimana perkembangannya saat ini.

Jadi tunggu saja kehadiran 5G ini, dan nikmati dulu 4G yang ada. hehe

malah saya sekarang masih pakai yang 3G, gapapa lah gimana lagi. Asalkan lancar chattingan sama si doi.