[Terbaru!] 10+ Browser Buatan Indonesia Yang Wajib Kamu Coba!

Browser adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk menerima dan menyajikan sumber informasi di Internet. Beberapa penjelajah web yang populer adalah Google Chrome, Firefox, Internet Explorer, Opera, dan Safari. Dari semua nama itu rupanya belum ada browser buatan indonesia. Loh emangnya Indonesia pernah buat browser? ehhh jangan salah, Indonesia sendiri pernah loh buat browser baik itu untuk PC maupun untuk smartphone. Maka dari itu, disini saya akan memberikan informasi tentang browser buatan Indonesia ini, yang sebenarnya ga kalah dibanding browser bikinan negara luar.
Berikut adalah daftar Browser buatan Indonesia yang perlu anda ketahui:
1. Garuda Browser
Ini adalah browser buatan Indonesia. Browser ini dibuat dan dirancang oleh pemuda dari provinsi Jawa Timur, daerah Sidoarjo. Pemuda itu adalah Aris Sutiyono, Lulusan SMA Muhammadiyah 1 Taman Sepanjang Sidoarjo.

Garuda Browser ini merupakan produk dari Garuda Technology Indonesia yang digunakan untuk menjelajah, berselancar atau browsing di dunia maya ketika hendak mencari informasi, atau mencari tutorial juga video atau lainnya. Garuda Browser ini diluncurkan tanggal 19 September 2017.

Baca Juga :


2. Geevv
Geevv bukanlah sekadar mesin pencari seperti Google. Secara teknis, cara kerjanya tak jauh berbeda seperti yang orang sering lihat dari Google. Namun secara prinsip, startup ini adalah social search engine.

Maksud dari istilah sosial yang pembuatnya imbuhkan merupakan cerminan tujuan utama yang ingin dicapai dari sebuah mesin pencari. Dengan kata lain, mayoritas keuntungan yang dihasilkan dari Geevv akan disalurkan ke sejumlah program sosial seputar kesehatan, pendidikan, dan kemiskinan.

Tiap satu pencarian yang berhasil dilakukan melalui situs Geevv.com, pengguna menghasilkan Rp10 di saldo donasi mereka. Angka itu akan terus berlipat seiring jumlah pencarian yang dibuat. Sederhananya, makin sering digunakan, berlipat pula donasi yang dihasilkan.

Uang donasi yang yang dihasilkan pengguna dapat terlihat langsung di pojok kanan atas situs pencarian. Azka (si Pembuat) menjelaskan bahwa jumlah uang donasi itu berasal dari pendapatan iklan yang masuk. Setelah mengambil 20 persen untuk profit perusahaan, sisa pendapatan sebesar 80 persen ditujukan untuk donasi.

Wah kece juga ya tujuannya.

3. Lightning Browser
Lightning Browser adalah peramban internet ringan dan cepat yang menawarkan alternatif menarik untuk peramban Android yang terkenal seperti Chrome, Opera, atau Firefox. Salah satu kelebihan terbesarnya adalah kecepatan menjelajah dan yang paling penting, ukurannya yang kecil (hanya membutuhkan kurang lebih 1 MB memori).

Dalam hal fitur, Lightning Browser memiliki semua yang Anda inginkan pada peramban modern. Aplikasi ini memungkinkan modus Incognito, mengatur markah, mengaktifkan Reading Mode, mengecek berbagai mesin pencari, mengaktifkan layar penuh, dsb.

Versi gratis secara default tidak dilengkapi AdBlock dan hanya dapat membuka 10 tab secara bersamaan, tetapi semestinya ini bukan masalah karena Anda mungkin tidak akan pernah membuka tab lebih banyak dari itu di Android.

Lightning Browser adalah peramban ringan dan handal dengan berbagai fitur keren dan antarmuka yang elegan. Salah satu fiturnya yang paling menarik memungkinkan Anda mengaktifkan Orbot dari menu pengaturan.
4. Tutzilla Browser
Tutszilla Browser. Browser buatan Muhammad Ichwan, mahasiswa tingkat akhir Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta ini mempunyai tampilan yang unik.

Sebenarnya broser ini dirilis pertama kali pada Februari tahun lalu dan sempat menjadi berita paling populer. Browser ini berbasis sourcecode Internet Explorer. Dengan tampilannya yang apik dan tidak membosankan, browser buatan anak negeri ini memiliki kemampuan yang lebih dari internet Explorer.
Salah satunya adalah kecepatan load page yang super cepat, memilki History and current visited site, dan pengaturan Setting layar di salah satu tombolnya. TutsZilla Browser ini kompatible dengan Windows XP dan Windows 7 ( Seven ).

5. Alien Force
Alienforce Web Browser Buatan Anak Negeri - Browser ini berbasis sourcecode firefox, Jadi tampilannya agak-agak mendekati firefox. Namun dipercantik menjadi tampilannya yang apik dan tidak membosankan.

Browser buatan anak negeri ini memiliki kemampuan yang lebih dari firefox. Salah satunya adalah kecepatan load page yang super cepat dan pilihan tema yang dapat anda ganti ganti sesuka hati pada toolbar di sebelah kanan browser. Alienforce ini kompatible dengan Windows XP, Vista dan Windows 7 ( Seven ).

5. Praken Surf
Rupanya ada lagi browser buatan tangan anak negeri yang berusaha berdampingan dengan nama-nama browser yang disebut tadi di awal artikel. Browser ini namanya Praken Surf. Walaupun masih baru di dunia browser, Praken Surf telah berhasil menyabet 2 penghargaan.
Kece sekali bukan?
1. Excellent Speed Browser' dalam salah satu GeckoFx Internasional kontes browser.
2. Best Performance Browser' dalam Devatan Internasional kontes browser.

6. Black Cat
Rozaq Siswa SMP Negeri 4 Bogor ini membuat browser yang kemudian diberi nama Black Cat. Butuh waktu setengah bulan bagi Rozaq untuk membuat browser. Ia menggunakan program Visual Basic.

“Susahnya itu waktu bikin script,” ujar anak kedua pasangan Suwanto dan Suprapti Kustariah ini saat ditemui Ghiboo di ajang Indonesian ICT Award (INA ICTA) 2011, Selasa (4/10), di Jakarta.
Sang ayah mengatakan, bakat Rozaq sudah terlihat sejak kecil. Bahkan kemampuan programming dipelajarinya secara otodidak. Jika anak-anak seusianya memilih membaca komik, maka Rozaq memilih membaca buku-buku komputer.

7. Usearch
USearch menawarkan tingkat keamanan tinggi dan bersifat pribadi karena dapat menyaring konten-konten negatif di internet dan tentunya aman digunakan oleh anak-anak dan keluarga. USearch dapat menyaring dan mengurangi subyek pencarian negatif seperti pornografi, perjudian, phishing, dan SARA.
Widi mengatakan, di bawah naungan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom), browserUSearch sudah bisa tersedia versi Android di Google Playstore dan Apple di Appstore, serta desktop www.usearch.id. “Ada 3 fitur keamanan yang dapat digunakan, yaitu Fast filtered and personalized browsing, kemampuan melakukan filterisasi dan personalisasi dengan kejadian atau pencarian terbaru; Specific blocking, melakukan pemblokiran lebih spesifik karena didasari oleh kata kunci yang dicari, bukan berdasarkan domain; dan Report button, melaporkan konten-konten negatif untuk selanjutnya dilakukan pemblokiran,” jelas Widi.

Berdiri sejak 17 April 2009, sambung Widi, saat ini Metranet memiliki dua portofolio yaitu Data Monetizing & Advertising (DMA) dan Content Monetizing & Payment (CMP). “Kami akan bekerjasama dengan Pemerintah, khususnya Kominfo dan Kementerian Pendidikan Dasar, agar USearch dapat digunakan disekolah-sekolah. Selain itu, kami juga membutuhkan dukungan seluruh lapisan masyarakat untuk melaporkan kepada kami jika ada konten atau subyek yang perlu untuk disaring dan diperhatikan,” pungkasnya.

8. Opik Browser
Opik Browser ialah Super Browser Terbaru yang digunakan untuk menjelajahi (berselancar) di Internet. Opik Browser ini merupakan Browser yang dibuat oleh seorang Programmer Pemula yang bernama Taufiq Rahman. Ia membuat Super Browser ini untuk mempermudah para pengguna internet di dalam menjelajahi dunia maya secara cepat dan anti lambat.

Opik Browser ini ia buat bersama dengan bantuan beberapa teman-temannya yang sudah berpengalaman di dalam menciptakan aplikasi-aplikasi handal, Opik Browser ini sudah ia Rancang sedemikian rupa agar menjadi Super Browser yang sangat cepat, Kecepatan dari Opik Browser ini dapat mencapai 3 kali sampai 5 kali lebih cepat dibandingkan dengan Browser lainnya. Bahkan setelah dicoba, Kecepatan Koneksi Browser ini melebihi Super Browser lainnya seperti UC Browser & Opera Mini Browser. 

9. Tiger Browser
Tiger Browser adalah browser buatan asli anak Indonesia! Tampilan yang lumayan cukup mendukung broswer ini. Kalau urusan speednya, TB ini setara dengan Firefox 3.6 dan IE seven. 
Browser ini awalnya dibuat dengan versi 1.0, kemudian berkembang menjadi 1.2 dan selanjutnya telah berkembang menjadi beberapa versi , sekarang menjadi versi 3.21

10. Xecure Browser
Xecure Browser mengkhususkan diri untuk keperluan baik transaksi via bank ataupun belanja online.
Tidak seperti browser pada umumnya, XecureBrowser memiliki keterbatasan fitur guna mendukung tingkat keamanan yang lebih baik. Jadi kamu tidak akan menemui tampilan maupun pilihan macam-macam selain untuk fungsi keamanan. Keamanan yang ditawarkan yaitu dengan membatasi akses pengguna ke situs-situs yang sudah masuk daftar aman (white list). Jadi pada tampilan awal, kamu tidak bisa mengetikkan alamat situs pada kolom address seperti browser lainnya. Kamu hanya diberikan akses berupa link untuk melakukan transaksi ke bank atau belanja online yang sudah masuk ke dalam daftar tadi.
Browser ini menyertakan link ke beberapa bank lokal dan juga bank asing bagi kamu yang ingin melakukan transaksi ke bank. Sedikitnya ada 18 bank lokal yang tercakup di dalamnya. Sedangkan untuk belanja online, XecureBrowser menyediakan link ke dua situs online payment (PayPal dan KasPay). Setelah membuka link yang ada, browser akan membuka tab baru dan kamu bisa melakukan aktivitas layaknya browser biasa.

11. Kilat Browser
Entah siapa yang membuat browser ini, namun yang jelas browser ini sangat minim sekali dan simpel banget.
Kelebihan :
-No Ads !
-Kecepatan Maximum !!
-Tidak banyak makan Ram !
-Simple
-Mudah


Begitulah daftar 10+ Browser Buatan Indonesia yang wajib kamu coba, sebenarnya mungkin masih banyak sekali browser bikinan anak indonesia yang belum saya cantumin, kalau ada yang tahu bisa tambahkan ke komentar. semoga artikel ini bermanfaat.

Hayo mau coba yang mana?!!!