5 Film paling Nyeleneh, tapi unik

Berikut ini akan saya susun daftar film aneh yang pernah saya tonton, meskipun film ini terbilang "aneh", setelah saya rasakan rupanya memiliki pesan yang cukup berarti buat para penonton. Buat yang pernah nonton bisa ikut berpendapat silakan. Buat yang belum nonton dan penasaran bagaimana filmnya silakan tonton saja.

Saya coba-coba browsing di google dengan kata kunci film teraneh, film nyeleneh, namun mendapatkan artikel yang tidak saya inginkan. makanya saya bikin artikel sendiri saja.
Saya ingin membuat artikel tentang film aneh, tapi yang punya makna tersendiri. Jadi buat yang nonton filmnya ga sia-sia gitu. Tetap mendapat esensinya.

Berikut adalah film yang menurut saya aneh, unik, namun terasa punya makna yang cukup dalam.
Rekomended buat kamu yang anti - mainstream!

1. The Lobster (2015)
(sumber gambar : http://movienthusiast.com/)

Review Singkat,

Film ini imajinatif, surealis, ya apa ya nyeleneh gitu tapi sangat unik. Dalam dunia film ini orang dewasa tidak boleh jomblo, baik itu sudah menikah atau belum, intinya harus punya pasangan.
Nah si tokoh utama ini barusan cerai dengan istrinya, dan dia harus dibawa ke hotel isolasi buat dapetin pasangan lagi, dikasih waktu cuma 45 hari. Tapi jika gagal dapet pasangan, maka konsekuensinya dia harus mau diubah jadi binatang yang ia pilih.
Banyak orang yang dikirim ke hotel ini. Banyak binatang yang dipilih, namun si tokoh utama memilih Lobster, sesuai judul filmnya. Menurut David (tokoh utama) Lobster itu punya umur panjang, berdarah biru seperti bangsawan dan ia juga suka laut. Makanya ia pilih Lobster saja. Ia juga membawa kakaknya yang sudah lebih dulu jadi Anjing buat nemenin dia di hotel ini.
Biar ga diubah jadi hewan, para peserta isolasi harus mendapatkan pasangan, yang bikin tidak mudah yaitu nyari pasangan di film ini harus memiliki kesamaan.
Cukup Satire bukan? film ini rupanya juga menunjukkan adanya kebohongan dalam hubungan, yaitu ditunjukkan saat tokoh lain yang rela memukul hidungnya sendiri agar berdarah supaya bisa berpasangan dengan gadis mimisan. Lalu juga David melakukan kebohongan juga dengan menjadi orang tak berperasaan agar bisa berpasangan dengan si gadis tak berperasaan, cenderung kejam. Namun tokoh utama tak bisa melanjutkan kebohongannya ketika kakaknya sendiri (anjing) dibunuh oleh pasangannya. Ada semacam pesan dalam film ini bahwa hubungan dengan dasar kebohongan tidak dapat berjalan dengan baik.

Karena david ketahuan bersedih, si pasangan hendak melaporkan kebohongan yang dilakukan David. Namun mereka justru bertengkar hingga akhirnya membuat si wanita pasangan celaka.
Karena hotel sudah tak aman bagi David, David pun memilih kabur dari hotel dan memilih menjadi jomblo di hutan, rupanya di sana ada komunitas jomblo yang menentang dunia. Dimana dunia mengharuskan berpasangan, orang-orang ini memilih untuk menjomblo hingga mati. Membuat kuburan sendiri, dansa sendiri. Ya begitulah.
Tapi suatu ketika dia jatuh cinta pada Rachel, yang sama-sama rabun jauh. Ketua komunitas ini rupanya tidak suka dengan hal tersebut. Apalagi mengetahui mereka akan kabur. Dan sebagai hukuman si Rachel dibuatnya buta. Nah endingnya ini yang bikin gregetan, yaitu saat David akan membuktikan cintanya dengan membuat matanya buta juga (inget rule di dunia film ini bahwa pasangan harus memiliki kesamaan).
Abis itu di stop endingnya tanpa tahu David akhirnya memilih apa.
Film ini banyak mencari makna tentang cinta, jomblo, dunia, dan rasa takut mati sendiri.

Trailer Film The Lobster



2. The Double (2013)
(sumber gambar : amazon.com)

Review Singkat,

Film the double ini menggunakan setting tahun 1900an kayaknya, atau malah 1800an. Terlihat dari alat-alat yang digunakan masih jadul, serta sinematografinya kelihatan retro. Yang aneh di film ini adalah Simon James, pegawai kantor yang kesepian, mengalami hal-hal aneh, seperti menjadi tidak dikenal padahal sudah 7 tahun bekerja, tidak dianggap, ya bisa dibilang kayak cuman pecundang. Simon ini menyukai Hannah, wanita rekan kerjanya. Dia sering mengintip dengan teleskop. Hal-hal aneh menjadi semakin sering terjadi semenjak Simon melihat seseorang bunuh diri melalui teleskopnya. Kemudian Simon ini menjadi seakan tidak dikenali di kantor, dari nama yang tidak tercatat di sistem, orang-orang tiba-tiba tidak mengenalinya. Lalu tiba-tiba muncul James Simon yang wajahnya sama dengannya. Hanya saja James ini sangat pintar bergaul. Dia juga cukup percaya diri, sangat berbeda dengan Simon.
Lalu ketika James menjadi sangat populer hingga mendapatkan Hannah, Simon merasa kecewa dan kesal pada James. Ditambah lagi di kantor, James bertingkah seenaknya sendiri seperti mengambil karyanya, lalu bermain dengan anak dari kepala kantor menggunakan namanya. Simon menjadi marah sekali dan ingin memukulnya, namun ketika memukul James, rupanya Simon mengalami rasa sakit juga. Dan saat itulah Simon baru sadar bahwa dirinya memiliki ikatan dengan James. Maka Simon punya ide untuk membunuh James dengan cara bunuh diri namun yang diusahakan tidak mati, ia loncat namun sengaja agar jatuhnya ke atap tenda. Hingga dia hanya mengalami pendarahan, dia mengabari pihak rumah sakit bahwa akan bunuh diri agar nantinya langsung diselamatkan sedangkan James diborgol di ranjang saja.
Begitulah akhirnya Simon bisa terlepas dari James.
Plot film ini cukup rumit dan berputar-putar. Hingga saya mendapatkan kesimpulan bahwa di dunia film ini tiap orang memiliki kembarannya. Seperti terlihat pada foto Hannah yang disusun ulang oleh Simon ternyata ada dua orang. Di ending rupanya sang dokter juga wajahnya sama dengan sekuriti di kantor. Lalu analisa saya lagi sepertinya siklus hidup orang di dunia film ini berputar-putar dan tak berakhir. Seperti dijelaskan dengan banyaknya orang bunuh diri, saya kira orang bunuh diri yang dilihat Simon sebenarnya adalah refleksi dirinya sendiri, apalagi dengan cerita Hannah bahwa orang yang bunuh diri itu sering menguntitnya, sangat mirip dengan tindakan Simon bukan? lalu setelah itu Simon menjadi tak dikenal, bisa dibilang seperti hantu. ya mungkin karena sebenarnya sistem kantor menganggap dia sudah bunuh diri. jadi dia tidak dikenal lagi.
Plot cerita yang rumit ini memiliki banyak makna dalam tentang kemanusiaan, dimana nilai, rasa peduli, harga diri, lalu kesepian, merasa seperti robot, terkekang sistem. Ya bisa dibilang kalau film ini memainkan emosi dan , mood dari penonton. Sekedar informasi juga, film ini adalah adaptasi dari novel Fyodor Dostoyevsky dengan judul yang sama yaitu The Double. Salah satu cerpen Dostoyevsky juga saya masukkan ke dalam daftar ini


Trailer The Double


lanjutin baca ke film nyeleneh nomer 3.

3. Spirited Away, (2001)
(sumber gambar : wikimedia)
Review Singkat,
Film animasi jepang ini memiliki kisah yang cukup aneh. Karena anak kecil bernama Chihiro bersama keluarganya ini nyasar di perjalanan dan sampai ke suatu wilayah asing. Chihiro merasa tidak tenang dan mengajak orang tuanya melanjutkan perjalanan saja, namun orang tua chihiro ngeyel dan mampir. Lalu orang tua Chihiro doyan banget makan di warung kota ini. Mereka tidak menyadari kalau kota itu berhantu. Hingga akhirnya senja datang, mereka berubah menjadi babi karena sangat rakus sekali makannya.
Kemudian bermunculan juga berbagai hantu di kota ini. Namun beruntung Chihiro bertemu dengan Haka, yang memberitahu kalau ia dapat membebaskan chihiro beserta orang tuanya. Strategi dijelaskan dan Chihiro mulai melakukan langkah-langkahnya, pertama ia harus bekerja di pemandian umum. Dimana pemiliknya bernama Yubaba, seseorang yang memiliki sihir.
Gambaran-gambaran unik dimana ada pemandian untuk para arwah, dan hantu. Serta konsep yang sangat aneh ini malah membuat poin tersendiri bagi film ini. Kisahnya juga memiliki beberapa makna tentang kehidupan. Layak untuk anda tonton

Trailer Spirited Away
yuk lanjut ke nomer 4.


4. Forrest Gump (1994)
(sumber gambar : wikimedia)

Review Singkat,

Menurut saya ini film aneh. Gump ini ceritanya seorang anak yang dibesarkan ibunya dengan penuh perjuangan, Gump tidak bisa berjalan, juga bodoh.
Hari pertama sekolah dia mengenal Jenny, anak yang tinggal dekat dengan rumahnya. Kemudian menjadi cinta tak terbalas. Suatu saat keajaiban terjadi ketika ia diusili oleh temannya. ia berlari, berlari, berlari dan tiba-tiba ia bisa menggunakan kakinya,
Saat mulai besar ia mengikuti wajib militer, disana dia menggunakan kemampuan larinya untuk menyelamatkan banyak orang. Waktu ia tertembak pantatnya, ia jadi tidak boleh ikut perang lagi. Namun justru dari itu ia bermain pingpong hingga menjadi sangat ahli. Apapun yang dikerjakan Gump ia tekuni dan menjadi mahir.
Kemudian ia menjadi sangat terkenal, namun tetap saja cintanya belum terbalas juga.
Cerita film ini bisa membuat anda termotivasi untuk menekuni dan mencintai apapun yang anda kerjakan, tanpa minder karena fisik misal atau bodoh. Keberuntungan bisa datang kepada orang yang tekun. Film ini rekomended karena asik dan memotivasi, meski aneh.
Trailer Forrest Gump
lanjut ke nomer terakhir.

5. The Dictator (2012)
(sumber gambar : rogerebert.com)

Review Singkat,
Menurut saya ini adalah film aneh namun memiliki semacam satire di dalamnya. Membandingkan dua sistem pemerintahan yaitu kedictatoran dan juga Demokrasi.
Film ini juga sangat kocak serta nyeleneh sekali, karena tokoh utama yang seorang pemimpin negara menerapkan sistem dictator, namun rupanya otaknya sedikit gila sepertinya. Dengan kekuasaan penuh miliknya, Aladeen seenaknya mengendalikan rakyat, membunuh orang hanya karena hal-hal konyol.
Mungkin film ini lebih mengkritik sistem kediktatoran, namun sewaktu ending ada hal yang membuat saya ngakak karena ketika sudah demokrasi pun, Aladeen masih bermain curang di pemilu dan tetap saja dia yang memimpin.
Film ini komedinya cukup kasar dan vulgar, tidak cocok buat tontonan orang yang kolot.  Tapi buat penikmat film, serta yang cukup terbuka bisa tetap merasakan komedi dari film ini.
Dan saya mendapatkan pesan berharga dari film ini, bahwa bagaimanapun sistem yang diterapkan. Kalau orang yang menjalankan itu edan, ya tetap saja ujung-ujungnya edan. Jadi mungkin yang bermasalah bukan hanya karena sistem pemerintahannya, namun lebih ke orang yang menjalankannya.
Trailer The Dictator

Begitulah 5 daftar film yang menurut saya paling nyeleneh, namun tetap memiliki kesan sendiri dan layak untuk anda tonton.
Silakan untuk meninggalkan komentar tentang artikel ini, terimakasih.