7 cara mengatur waktu ala mahasiswa (tanpa merasa seperti robot)

Banyak cara-cara yang mungkin telah anda lakukan untuk mengatur waktu anda. Seperti membuat daftar kegiatan harian, daftar prioritas dll. Namun apa jadinya?

Anda justru merasa seperti robot, yang tidak memiliki kebebasan dalam berkehendak. Anda hanya menuruti daftar yang anda tulis sendiri, dan bagaimana anda mengatakan kalau anda menikmati hidup?

Maka dari itu, di sini saya akan memberikan cara yang efektif untuk mengatur waktu anda, dengan tanpa membuat anda merasa seperti robot. Lupakan cara lama, dan rasakanlah perubahan dalam hidup anda.

Kali ini cara-cara yang saya berikan berfokus pada kehendak anda, dan mengasah agar anda lebih pandai dalam menentukan apa yang perlu anda lakukan selama satu hari tersebut.



Silakan anda pahami 7 cara mengatur waktu ala mahasiswa, sehingga anda tetap dapat menikmati hidup anda dan juga dapat mencapai tujuan anda.

1. Apa yang harus anda lakukan?

Langkah pertama untuk meningkatkan kemampuan anda dalam mengatur waktu adalah mengetahui apa saja yang harus anda lakukan, karena jika anda tidak tahu mau apa so bagaimana anda akan mengisi waktu anda? Misalkan saja anda mahasiswa yang memiliki banyak kegiatan (mengerjakan tugas, menulis artikel, menonton film, jalan-jalan, nongkrong dll), pikirkanlah mana yang benar-benar harus anda lakukan, dan berikanlah waktu untuk melakukan hal itu.

2. Lebih fleksibel terhadap apa yang akan anda lakukan, namun tetap realistis

Jangan terlalu memaksakan diri untuk melakukan ini itu sesuai jam yang tertentu, fleksibel saja dengan kegiatan yang akan anda lakukan. Umumnya anda perlu menyiapkan waktu 8-10 jam untuk hal-hal yang harus anda lakukan seperti kuliah, kerja, nugas, main dll. Bagi-bagilah waktu anda sesuai kebutuhan, jangan terlalu saklek bahwa semuanya harus dilakukan, lihatlah bagaimana keadaannya. Kenapa anda perlu menyiapkan 8-10 jam? karena nantinya anda akan mendapatkan waktu luang yang bisa ditambahkan untuk melakukan yang harus anda lakukan jika ternyata tiba-tiba butuh waktu tambahan.

3. Selain anda fleksibel terhadap apa yang harus dilakukan, anda juga perlu fleksibel terhadap waktu istirahat anda.

Tidak perlu mematok jam segini harus tidur, tidur kalau sudah mengantuk saja, kalau dipaksakan malah nanti tidak nyaman tidurnya, yang penting tidur kalian berkualitas. Kebanyakan orang butuh waktu tidur 7 - 8 jam, istirahatlah secukupnya. Saran tambahan kalau tidur mendingan dimatiin lampunya biar matanya ikut istirahat.

4. Luangkan waktu untuk merencanakan apa yang akan anda lakukan agar lebih matang

Karena anda fleksibel dengan waktu anda, rencanakan apa yang akan anda lakukan dengan sebaik-baiknya, agar menghindari kesalahan dan mengulangi yang anda lakukan. Itu akan akan membuat anda kehilangan waktu anda. Pastikan apa yang akan anda lakukan berhasil dengan hasil yang memuaskan. Dan tetaplah fokus dengan apa yang sedang anda lakukan, jangan terlalu memikirkan kegiatan lain saat anda sedang melakukan suatu hal.

5. Hindari penundaan melakukan sesuatu

Ini permasalahan yang menghambat anda dan membuat anda kesulitan mengatur waktu, jangan terlalu senang untuk menunda melakukan sesuatu. Lakukan apa yang dapat anda lakukan, menunda bukan berarti menyelesaikan masalah, justru itu dapat mengganggu waktu anda. Anda jadi kepikiran mulu, membuat anda kurang fokus terhadap hal lain. Serta ketenangan hidup anda jadi berkurang, so lakukanlah apa yang harus anda lakukan. Jika terasa berat untuk melakukan hal tersebut, berilah waktu kepada anda untuk mengumpulkan moodnya.

6. Selalu merefresh pikiran anda tiap pergantian kegiatan

Misal anda telah selesai melakukan suatu hal, berilah jeda waktu untuk merefresh pikiran anda. Serta untuk mengumpulkan feel anda pada apa yang akan anda lakukan selanjutnya. Usahakan agar anda tidak membawa masalah pada kegiatan anda sebelumnya ke dalam kegiatan lain. Anda adalah anda saat ini. Hiduplah di masa kini.

7. Apakah anda merasa efektif berorganisasi?

Luangkan waktu untuk merenungkan hal tersebut, apa yang telah anda berikan kepada organisasi anda? Apa yang anda dapatkan dari berorganisasi? Apakah hanya capek? atau hanya kehilangan waktu anda? buatlah goal terhadap apa yang anda lakukan. Jangan hanya menjadi kapas yang tertiup angin, mulailah kendalikan kehidupan anda.

Begitulah cara mengatur waktu ala mahasiswa tanpa merasa seperti robot, intinya anda berikan kendali penuh kepada diri anda sendiri. Tetaplah hidup di masa kini, masa lalu dapat diambil sebagai pelajaran, masa depan dapat direncanakan. Namun hiduplah di masa kini agar anda memiliki waktu anda, bukan waktu yang memiliki anda.
Sekian, semoga bermanfaat

iezel