5 hal yang tidak anda ketahui tentang file PDF

File PDF (Portable Document Format) sudah sangat umum bagi para pembaca buku elektronik. Bahkan bagi siswa serta pekerja kantor pun sudah tak asing lagi karena beberapa tugas serta laporan mengharuskan mereka untuk berkenalan dengan jenis file ini. Lalu, jika anda sudah sering memakai format file pdf ini, apakah anda benar-benar telah mengetahui tentang file PDF?

Berikut adalah 5 hal yang mungkin tidak anda ketahui tentang file PDF

1. File PDF merupakan tipe file yang paling umum di internet

Anda mungkin akan menjumpai setidaknya satu file pdf dalam seminggu, itu bisa jadi suatu panduan nge-blog, atau jurnal ilmiah. Faktanya, hingga hari ini lebih dari 80% file dokumen yang tersebar di internet adalah file PDF

2. File PDF telah ada selama lebih dari dua puluh tahun

Sejarah PDF berawal ketika perusahaan Amerika, Adobe Systems memulai proyek bernama The Camelot Project pada tahun 1991. Dengan tujuan dari proyek tersebut adalah untuk menyelesaikan masalah pertukaran dokumen antara beberapa sistem operasi yang berbeda dan aplikasi komputer berbeda. Pada saat itu, pertukaran dokumen masih lebih sering menggunakan fax (cara yang membosankan dan butuh kerja ekstra). Kemudian dengan munculnya Camelot Project tersebut menjadikan suatu promotor perkembangan sistem kolaboratif dalam sistem kolaboratif. Project tersebut mengembangkan agar sistem IPS (Interchanged PostScript) atau file gambar itu bisa juga digunakan untuk pencarian teks, jadi nanti dokumen akan dapat dicari kata atau frasa di dalamnya, seluruh perpustakaan akan dapat diarsipkan dalam bentuk elektronik. Dan akhirnya, munculah berbagai format dokumen yang menggambarkan hasil dari pemikiran tersebut. Diantaranya PDF (produk dari Adobe sendiri), DJVU (produk dari AT&T Labs), .Evy (produk dari Tumbleweed Communication Corporation), epub (produk dari International Digital Publishing Forum) dll. wowww banyak juga ya saingan PDF?? Tapi tetap yang masih mendominasi adalah file PDF.

3. File PDF benar-benar kompatibel dengan berbagai sistem

Tidak seperti dokumen file DOC (produk dari microsoft) serta PAGES (produk dari Apple) yang hanya kompatibel untuk beberapa platform atau aplikasi saja, PDF tidak demikian. Karena PDF merupakan file yang bebas dibuka untuk berbagai software, hardware serta platform yang mana tata letak, teks, font, warna, grafis, dan semua informasi lainnya pada file PDF tidak berubah. Artinya file PDF akan mempertahankan isinya dan tetap terlihat sama dimanapun dan dengan software apapun anda membukanya.

4. Benar-benar mudah untuk menggunakan file PDF

Bahkan saat ini beberapa editor dokumen (misalnya Office Word milik Microsoft) dapat secara langsung menyimpan dokumen anda dalam bentuk file PDF. Jika anda ingin tahu hal mudah lainnya dalam menggunakan file PDF anda bisa temukan beberapa tutorial dalam blog ini. Misalnya saja mengkonvert ke doc, menggabungkan pdf, mengkompress ukuran file pdf, dan memproteksi file pdf.

5. Ukuran file yang di luar dugaan

Akhirnya sampailah ke hal yang terakhir, yaitu ukuran file PDF yang di luar dugaan.
Jika anda coba bandingkan dengan dokumen format lain dengan misalnya tampilan serta isinya dibuat sama persis maka perbedaan ukuran yang mencolok akan terlihat. Ukuran file PDF terbilang sangat kecil dengan hasil tampilan dokumen yang sangat baik. Untuk pengaksesan file PDF pun terbilang tidak memakai penggunaan memori yang banyak. Anda tidak perlu khawatir komputer anda tidak kuat untuk membuka file PDF. Berbeda jika membuka suatu dokumen berekstensi lain yang kadang mungkin akan menghabiskan banyak memori sehingga komputer anda akan mengalami lag.

Demikianlah informasi tentang 5 hal yang mungkin tidak anda ketahui tentang file pdf, siapa yang menyangka bahwa file PDF yang sering kita gunakan menyimpan rahasia!
Silakan share dan jangan lupa komentar!
Iezel