5 Style Trading agar dapat Cuan, kamu yang mana?

 Pasar saham menjadi ladang investasi bagi para pemilik modal, serta menjadi ladang subur bagi para pencari cuan yang pandai melihat kesempatan. karena dimana ada jual beli disitu ada untung rugi, bagi yang punya strategi, keuntungan adalah hal yang sangat mungkin terjadi di pasar saham. untuk itu milikilah strategi untuk trading anda.

Strategi trading ada sangat banyak, sebaiknya anda pahami kondisi anda sehingga bisa mendapatakan strategi yang paling cocok.

ini bukan chart harga saham hahaha

Berikut akan saya berikan 5 contoh style trading yang mungkin akan cocok untuk anda

1. Swing Trade

Swing trade adalah strategi trading saham yang diniatkan memiliki saham hanya beberapa waktu saja kemudian dijual lagi baik itu untung maupun rugi ataupun balik modal. loh kok gitu? iya Jadi swing trade ini cukup spekulatif namun bergerak disiplin dalam mengambil keputusan. Jika harganya naik sesuai prediksi maka trader akan langsung jual tanpa perlu menyesal jika harganya naik lagi. bahkan jika rugi pun, seorang swing trade tetap akan menjual sahamnya dan optimis akan ada untung di transaksi yang lain. dan jika harganya tidak berubah cenderung statis, swing trader juga tetap akan menjual sahamnya agar mengamankan modalnya.

Strategi ini direkomendasikan bagi anda yang punya waktu untuk mengamati pergerakan harga saham, jadi anda wajib memantau terus pergerakannya hingga harganya sesuai dengan target jual anda. Jika harganya sampai turun ke level batas yang anda buat maka anda harus jual sahamnya tanpa pikir panjang.

Jika harga saham naik sampai level yang anda targetkan, anda juga langsung jual saja. Jadi ini terkait kedisiplinan dalam penggunaan modal trading.

Seorang swing trade hampir dipastikan tidak mengalami nyangkut.

Dan keuntungan tidak dihitung per transaksi, namun menjadi pembukuan tiap bulan. jadi untung atau ruginya dilihat secara overall. Biasanya seorang swing trade adalah orang yang memang menjadikan trading sebagai mata pencaharian utama.

Gimana anda merasa cocok menjadi swing trade? maka mulailah fokus dengan strategi swing trade, silakan pelajari betul-betul tekniknya dan disiplin dalam penerapannya.

2. Dividen Hunter

Hal yang menarik dari memiliki saham adalah ikut mendapatkan dividen dari perusahaan. Nah style trading dividen hunter adalah membeli saham saham yang akan membagikan dividen. Biasanya sih orang orang pemburu dividen ini juga tidak lama lama menyimpan sahamnya, entah sampai dapat dividen atau bahkan sebelum dividen dibagikan. karena biasanya harga saham akan naik menjelang cum date. jadi dividen hunter ini bisa dapat cuan baik itu dari dividen maupun dari selisih harga. namun hal yang menjadi momok juga bagi dividen hunter adalah dividen trap. sebaiknya anda perlu riset juga mengenai dividen trap agar strategi trading dividen hunter anda menjadi lebih aman.

3. Ikut Asing/ikut bandar

Ini strategi yang biasanya dipake oleh pemain pemain yang paham foreign flow, serta paham pergerakan bandar. Jadi dalam pasar saham ini harga bisa berubah naik atau turun karena adanya transaksi. namun kalau anda lihat, memangnya siapa yang bisa membuat harga saham naik padahal lot yang dijual saja sampe ribuan, berarti kalau mau naikin harga kan modalnya beli juga perlu banyak. nah itu jadi bisa kita simpulkan pemilik modal banyak yaitu bandar/asing ini berperan penting dalam perubahan harga.

Maka bagi kalian yang pengen aman,. ikutilah bandar saja, kalau bandar beli kalian ikut beli, kalo bandar jualan kalian juga ikut jualan. jangan kebalik, malah nyangkut nanti.

4. Fundamental garis keras

Ini bagi trader yang bener bener mempelajari fundamental perusahaan, sehingga sebelum masuk ke suatu saham, seorang trader akan mempelajari fundamental perusahaannya dulu serta membaca informasi terbaru tentang perusahaan tersebut, misal berita berita yang relevan. jika dilihat bagus dan harganya dibawah harga wajar maka trader akan membeli sahamnya. dan biasanya trader ini akan menyimpan sahamnya karena yakin suatu saat pasti orang orang akan berminat untuk memiliki saham dari perusahaan ini.

Ini cocok bagi anda yang tidak terpengaruh dengan chart yang berubah ubah. dan jika modal anda banyak, anda bisa menunggu sampai beberapa bulan atau tahun untuk mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga sahamnya.

5. Teknikal

Taukah anda kalau market saham itu seperti matematika, karena ada jumlah lot, ada harga harga yang riwayatnya bisa dilihat. jadi ada rumusnya dan namanya matematika itu bisa dihitung peluangnya. nah para trader yang menganut teknikal ini akan melihat antrian lot, serta riwayat chart harga untuk menganalisis pergerakan harga saham selanjutnya. Biasanya mereka paham betul apa itu support resisten sehingga tau kapan harga akan berbalik arah, atau justru akan naik tajam. Mereka juga paham titik titik harga saham dimana ada kemungkinan harganya akan menyentuh titik yang mereka analisis. dan ya mereka menggunakan acuan tersebut untuk melakukan transaksi. misal akan masuk saat menyentuh harga berapa. akan keluar saat menyentuh harga berapa. begitu

Penutup

Namun sekali lagi, style trading akan sangat efektif jika sesuai dengan kondisi anda. karena tiap orang punya latar belakang beda beda maka perlu cara yang paling cocok juga.

Kalau saya sendiri lebih ke dividen hunter + fundamental sih.

Alasannya sederhana,

begini,

kalau perusahaan bagus, misal sahamnya nyangkut ya anggap saja ibadah karena perusahaan yang anda beli memberikan manfaat kepada orang banyak dan karena anda pemilik saham artinya anda ikut andil.

Misal ga bisa jual rugi sahamnya pun, karena dapet dividen ya anggep saja dapet passive income. hehehe lumayan buat jajan

Dan misal untung ya bagus.

Jadi merasa win win solution kan?

Kalian pake strategi trading yang mana nih? ada ga di pilihan di atas? silakan tulis di komentar ya?