10 Aturan Tentang Uang - Cara Menjadi Kaya

Coba renungkan, berapa penghasilanmu selama ini, dari mulai bisa mendapatkan uang hingga saat ini.
Mungkin tiap orang berbeda beda, misalnya saja bagi karyawan PT mungkin akan berbeda dengan PNS guru, berbeda juga dengan wirausaha, tapi coba kita hitung kasarnya.
Anggap saja saat ini anda telah berumur 30 tahun, dan mulai berpenghasilan sejak usia 20 tahun, artinya telah 10 tahun anda mendapatkan penghasilan.

Jika satu bulan ambil rata-rata yaitu mendapatkan penghasilan 5juta. Artinya dalam 10 tahun anda mendapatkan penghasilan sekitar 600 juta. ya kan?

Itu kasarnya loh, belum dihitung dengan penghasilan tambahan lainnya.

Tapi,

Pertanyaannya sekarang adalah, berapa uang yang sekarang kamu punya?

Berapa total kekayaan yang kamu miliki?

Kalau jawabannya mengecewakan, yasudah artinya memang anda perlu paham 10 cara kerja uang berikut ini sampai selesai.

ada satu hal penting yang mungkin terlupakan oleh kalian, bahwa kalian mungkin tidak paham bagaimana cara kerja uang, aturan mainnya bagaimana. Makanya kalian kesulitan untuk memainkannya.

Lihat saja berapa uang yang anda punya setelah sekian banyak anda hasilkan selama ini.

disini akan dijabarkan aturan tentang uang, yang berdasarkan pengalaman pribadi. dan selama ini saya ikuti, untuk itu semoga bisa anda terapkan juga agar bisa memahami bagaimana uang bekerja.

Berikut ini 10 Aturan Tentang Uang

1. Uang adalah Permainan

Simpelnya begini, kalian pernah bermain game bukan? Game itu punya aturan main, dan ada tantangannya. Seperti game pada umumnya, kita pasti akan dapat memahami bagaimana game itu, dari pengalaman memainkannya. Kalau bermain game bola, mungkin awalnya akan kalah, tapi kalau terus-terusan berlatih dan bermain, maka mungkin lama kelamaan akan menang.
Jadi kabar baiknya adalah uang juga demikian, karena uang juga merupakan permainan, anda juga akan dapat mempelajarinya. Artinya tidak ada hal mustahil untuk menjadi kaya, selama anda berusaha memahaminya.

2. Jangan Benci dengan Uang

Seperti halnya belajar di sekolah, ada yang suka matematika dan ada yang benci. Coba anda cek deh, mana yang lebih menguasai pelajaran matematika, apakah yang suka, atau yang benci.

Nah begitu pula kalau anda ingin lebih bisa paham dengan uang, jangan benci uang. Sukai uang, dan anda lama kelamaan dapat menguasainya.

3. Permainan Menggandakan Uang

Maksudnya apa ini? Jadi anggaplah uang itu suatu permainan yang cara kerjanya bisa dengan menggandakan diri. Jadi kalau anda punya uang 1 juta, artinya untuk mendapatkan 1 milyar, anda hanya perlu menggandakannya 10 kalilipat, untuk menjadi 32 juta adalah 5 kalilipat, jika digandakan 13 kali akan menjadi 8 milyar, digandakan 14 kali menjadi 16 milyar.

Lalu pertanyaannya adalah secepat apa anda dapat menggandakan uang anda?

Nah begitulah permainan menggandakan uang, jadi jika anda punya uang cash 1 juta, bisakah anda buat menjadi 2 juta di bulan depan?
kalau bisa sekarang tinggal 9 langkah lagi untuk menjadikannya uang 1 milyar.

Kalau anda punya uang 100 juta, artinya hanya tinggal 3 atau 4 langkah lagi untuk menjadi 1 milyar.

Menjadi kaya adalah hal yang matematis dan logis, bagi yang paham permainan menggandakan uang.

Memahami resiko dan garis waktu
Nah barusan anda baru saja memahami dasar konsep dari permainan menggandakan uang, sekarang adalah memahami resiko dan garis waktu dalam permainannya lalu praktekkan.

Jika anda saat ini berusia 20 tahun mungkin akan mendapat banyak resiko, terlebih karena jiwa muda yang terus tergoda untuk mengikuti arus, namun kuatkan tekad dan pahami aturan mainnya. Lalu buatlah garis waktunya,

Misalkan anda ingin punya uang 1 milyar di usia 10 tahun. Nah sekarang anda punya modal 1 juta, berarti gampang dong, tiap tahun hanya perlu menggandakan 1 kali?

4. Bayangkan uang itu seperti wanita yang perlu dikendalikan

Uang itu perlu dikendalikan, bayangkan saja wanita pasti tidak suka pada pria yang terlalu jadi bucin yang terlalu pengen ngebet banget dah gitu, yang hanya ingin cepat mendapatkannya lalu dipamer-pamerkan. Wanita justru akan jatuh pada pria yang pandai mengendalikannya, menguasainya, yang lebih gagah gitu ga terlalu ngebet.

Ingat jangan sampai kita yang jatuh pada uang, tapi jadilah orang yang bisa mengendalikan uang.

Pelajari cara mengendalikan uang, jangan biarkan dia yang mengendalikanmu. Nah makin pandai dalam mengendalikan uang, maka untuk bemain menggandakan uang anda akan lebih jago pastinya.

5. Peluang

Pahami peluang yang ada di sekitar, dan jangan ragu jika memang menurut anda waktunya sudah pas untuk menggunakan peluang tersebut. Misalnya anda melihat peluang bahwa mungkin nanti lebaran bakal banyak orang beli sendal, nah di momen tersebut anda melihat ada informasi tempat grosir sendal yang harganya masuk dan kualitasnya juga oke. Maka saat itulah anda akan menggunakan peluang tersebut, dan itulah saat uang akan membantu anda.

Pahami juga bahwa anda kan melihat bahwa peluang tersebut hanya akan ramai saat menjelang lebaran misal, maka saat itu anda harus memahami kapan anda akan berhenti untuk mengeluarkan uang membeli grosirnya. ya anggaplah seperti itu. Pahami kapan peluang datang dan kapan bisa digunakan, dan kapan perlu berhenti. karena pada prinsipnya kita sedang bermain permainan menggandakan uang.

6. Kebosanan

Maksudnya apa lagi ini, ya bayangin kalau uang itu punya rasa bosan. Pasti dia bakal bosan deh kalau cuma disuruh diem ga ngapa-ngapain, ya dan akhirnya pasti dia bakal pergi ninggalin kamu.

Jadi biarlah uang disuruh jalan-jalan, tapi inget jangan buat dia ninggalin kamu, biar jalan-jalan tapi kalau bisa ajak temen kalau nantinya balik ke kamu.

ya begitu, pastikan duitmu ga nganggur.

7. Ruang Rahasia

Sediakan satu tempat rahasia untuk meletakkan uangmu, yaitu uang rahasia yang dapat anda minta pertolongannya disaat krisis.

Lah tadi disuruh jangan sampe bikin duit nganggur, lah ini kok malah sekarang nyuruh uang diem.

Ya ini beda, tetep sediakan uang yang siap digunakan kalo lagi krisis. yang ga ada seorang pun tahu, kecuali kamu. Inget ya, ini bayangin aja ibarat selingkuhan yang siap mati demi kamu.

Bayangin kalo kamu lagi butuh uang buat nambal pengeluaran usaha kamu yang lagi kurang bagus siklusnya, nah tiba-tiba aja uangnya dah ada deh, darimana, ya dari ruang rahasia itu.
Dan usahamu masih bisa terselamatkan, yang nantinya juga ngasih penghasilan banyak ke kamu.

8. Mainkan Permainanmu

Di nomer ini saya akan menyarankan untuk fokus mainkan permainanmu, jangan bandingkan dengan permainan orang lain. Mainkan permainanmu.

Layaknya bermain game, kalau keseringan liat yang lain disaat kamu juga sedang bermain game'mu. Bisa jadi malah kamunya akan kalah.

Jadi misal yang lain udah mencapai 1 milyar, ada yang mencapai 500 juta, itu tak masalah, mereka bermain game berbeda. mereka main game mereka masing-masing, dan kalau kamu baru mencapai 8 juta pun ya gapapa, itu hanya beda beberapa kali saja.
Fokus pada game'mu dan tingkatkan strategi, lalu pahami peluang, resiku, garis waktu.
Maka cepat atau lambat game mu juga akan menjadi lebih asik.

9. Bijak dalam Investasi

Banyak orang kaya tidak hanya menjadi pengusaha tapi mereka juga investasi.
Karena orang kaya sadar pentingnya investasi. Karena mereka ingin tetap dapat penghasilan meskipun tidak sedang ngapa-ngapain, iya.
Jadi prinsip dari investasi ya gitu, kita modal duit, biarin dia main-main sendiri, tapi tau-tau nambah terus gitu.
Jadi mulai sekarang alokasikan pendapatanmu untuk diinvestasikan, tapi sebelum itu bijak-bijaklah dengan investasi.
Jangan sampe ketipu, investasi itu pasti jangka panjang. Jangan tergiur iming-iming bodong.
Oke pokoknya pelajari dulu deh.

10. Jangan Boros

Maksudnya adalah gunakan uang sebagai mana mestinya. Ada analogi seperti ini,

A : misalkan anda punya penghasilan 1 juta dan anda bisa menyisihkan uang 100rb,
maka berapa uang yang dapat anda sisihkan kalau penghasilannya 2 juta?

B: 200rb??

A: Salah Besar!!!

Jawabannya adalah 1juta seratus.

Ingatlah bujang, penghasilan boleh naik, tapi gaya hidup tetep harus dijaga.

Jangan kelewat boros, ya okelah dalam kehidupan real pasti kalau penghasilan naik, bakalan ada kebutuhan baru yang bikin naik pengeluaran, tapi harus inget, jangan boros. Gunakan uang yang ada dengan bijak.

Oke begitulah 10 aturan tentang uang yang harus anda pahami agar menjadi kaya.
Kalau kamu punya pendapat atau kritik mengenai artikel ini bisa anda tulis di komentar.

Semoga bermanfaat!