Ketahui 4 Tips Aman Meletakkan Genset Berikut Agar Terhindar dari Bahaya


Genset merupakan salah satu alat yang sangat berguna terutama untuk menyuplai listrik ketika terjadi pemadaman. Namun yang harus diperhatikan, genset juga menghasilkan hasil pembakaran berupa gas karbonmonoksida yang sangat beracun apalagi jika banyak terhirup oleh manusia.
Oleh karena itu peletakan genset selalu disarankan berada di luar ruangan agar terjadi proses sirkulasi udara. Untuk menghindari bahaya penggunaan genset dan juga untuk menjaga daya tahan genset, berikut adalah beberapa tips peletakan genset yang tepat dan benar.

Letakkan Genset Terpisah dari Bangunan Utama

Kemungkinan terjadinya ledakan pada genset memang harus diwaspadai, terutama jika genset beroperasi dalam waktu yang lama, sedangkan perawatan genset secara berkala jarang dilakukan. Jika genset diletakkan di dekat gedung atau bangunan utama, maka kejadian ledakan akan menimbulkan kerugian yang besar karena api dapat dengan cepat merambat ke gedung yang berada di sekitarnya.

Tempatkan Genset Jauh Dari Pemukiman

Ketika beroperasi, genset biasanya menghasilkan suara keras dan bising yang dapat mengganggu kenyamanan orang-orang. Ketika akan melakukan sewa genset Jakarta, hal tersebut juga akan terjadi.
Oleh karena itu, ada baiknya Anda meletakkan genset di tempat yang jauh dari aktivitas orang-orang sehingga tidak akan mengganggu kenyaman mereka.

Jauhkah dari sumber Air

Satu hal lagi yang tidak boleh terlewatkan adalah untuk selalu menjauhkan genset dari sumber air. Genset yang terkena air menjadi rentan rusak dan berkarat sehingga membutuhkan service genset dengan biaya mahal. Selain itu percikan air yang dihasilkan dari sumber air juga dapat memicu terjadinya kebakaran pada genset.
Kebanyakan orang beranggapan bahwa dengan meletakkan genset di dekat sumber air, maka proses pemadaman akan menjadi lebih mudah, namun yang terjadi justru sebaliknya. Genset akan menjadi cepat rusak dan service genset akan menjadi beban.

Demikianlah beberapa tips dalam meletakkan genset agar selalu aman dan terhindar dari kerusakan. Jika anda berencana menyewa genset, maka sewa genset Jakarta di Sewatama dapat menjadi solusinya.  Selain menghadirkan berbagai variasi kapasitas listrik yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan, penyewaan genset juga dapat menjangkau hingga ke daerah pelosok nusantara sehingga kebutuhan listrik dapat tercukupi dengan maksimal walaupun sewaktu-waktu terjadi pemadaman listrik.