Haji Furoda : Pengertian, Kelebihan & Kekurangan, Cara daftar

Haji Furoda

Kata furoda sendiri saya coba artikan di translate arab indonesia, berarti perorangan.
Berarti Haji Furoda adalah haji perorangan,



Haji furoda adalah program haji yang pelaksanaannya tidak mengambil jatah kuota haji pemerintah RI, tetapi memakai kuota pemerintah Arab Saudi.

Tidak seperti para jamaah haji reguler dan haji plus yang memakai visa haji sebagai akses masuk ke tanah suci, para jamaah Haji Furoda menggunakan visa khusus yang dinamakan Visa Furoda. Visa Furoda memang dibuat secara khusus untuk para jamaah haji yang berhaji memakai kuota pemerintah kerajaan Arab Saudi.

Kuota yang disediakan ditetapkan berdasarkan perkiraan daya tampung lokasi-lokasi yang dijadikan ritual haji.

Semua jamaah Haji yang masuk ke tanah suci telah terhitung dalam kuota haji tersebut. Termasuk juga haji furoda. Mereka masuk menggunakan visa khusus haji yang telah disediakan pemerintah Kerajaan juga sesuai jumlah kuota yang ada.

Jadi setelah saya baca-baca, kesimpulannya...Haji furoda lebih tepat diartikan seperti ini saja, program haji yang menggunakan kuota haji yang disediakan oleh kerajaan arab saudi kepada tamu-tamu tertentu,

Aku sih bacanya harusnya kuota ini diberikan kepada ya yang emang diundang oleh pemerintah Arab Saudi.

Jangan salah artikan dengan haji perorangan dengan memakai visa kunjungan(ziyaroh) atau visa kerja (ummal) ya,,.kedua terakhir yang saya sebut itu termasuk illegal.

Visa haji furoda yang legal ya yang visa haji juga..

Pelaksanaan Haji Furoda berada pada pengawasan dan tanggungjawab Pemerintah Kerajaan Arab Saudi secara langsung. Oleh karena itu, segala proses dari awal pendaftaran hingga pelaksanaan dan kepulangan calon jamaah berada pada pengawasan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

Berita Simpang Siur

Kalau googling sekarang kudu ati-ati, lagi cari informasi eh ternyata artikel iklan..
kebanyakan kalo nyari artikel haji furoda ini pasti ujung-ujungnya promosi travel yang katanya bisa memberangkatkan dengan visa furoda..

tapi apakah itu betul..??

Hati-hati lah saat berjelajah di internet..udah dijelasin kan kalo haji furoda yang aman yang dimaksud saya itu yang khusus undangan, lah cara dapet undangannya gimana? apa iya sih beli? wkwkwk

ya itu sih yang saat ini masih membuat TANDA TANYA..

soalnya saya juga baca artikel yang cukup menarik bahwasanya 

"Visa haji non kuota (Visa Haji Furada) tidak diperjual belikan. Hanya kepada mereka yg memang diundang atau dianggap layak menerimanya atas dasar pertimbangan prestasi, dakwah, dan pertimbangan khusus lainnya. Itu pun dengan seleksi yg ketat. Duta Besar akan mengajukan nama-namanya melalui Kementerian Luar Negeri dan di-approve oleh Raja."

Hayo loh...kudu ati-ati, jangan ampe dikira visa furoda ternyata eh malah haji illegal yang pake visa kunjungan atau visa kerja..

Nah jadi saran saja, untuk mendapatkan haji furoda, sebaiknya melalui undangan raja.

Sebab visa haji furoda (yang undangan resmi) hanya diberikan kepada orang-orang yang diundang. Suratnya pun spesifik dengan nama jelas. Biasanya penerima undangan raja ini orang yang dianggap memiliki hubungan baik, memperkuat hubungan kedua negara. atau Dianggap layak menerimanya atas dasar pertimbangan prestasi, dakwah, dan pertimbangan khusus lainnya. Itu pun dengan seleksi yg ketat.

Umumnya, keberangkatan mereka dikoordinasikan oleh Kedutaan Besar Arab Saudi di mana keberangkatan sampai kepulangan mereka terjamin. Undangan raja ini, kata dia dibagi lagi dalam beberapa kategori. Hal ini bisa dilihat dari operator yang mengundang. Ada tiga instansi yang bisa mengundang atas nama raja, yakni Rabithah Alam Islami yang biasanya mengundang para alim ulama atau organisasi massa Islam, Kedutaan Besar Arab Saudi di luar negeri, dan protokol Istana.

Nah loh, jadi peran agen biro travel mana? ya itu makanya ati-ati..
jangan karena tertarik iming-iming haji tanpa antri, eh ternyata ilegal dan malah gagal..atau malah terlantar..

Kemenag sendiri sudah memberikan himbauan kepada masyarakat melalu situs resminya..silakan bagi yang mau baca
https://kemenag.go.id/berita/read/506207
yang intinya jangan tergiur tawaran haji non kuota yang katanya haji legal, furoda.
Karena yang dimaksud furoda atau undangan resmi ya yang benar-benar undangan dari kerajaan..bukannya beli..kalau beli ya kuat diduga itu haji yang pakai akal-akalan (visa kerja, kunjungan, atau umrah tapi dibelokkin ke haji)

biasanya yang sudah terlanjur berangkat ini tidak mendapat pelayanan yang baik dari biro, jadi malah mengambil jatah pelayanan pemerintah RI yang resmi..tau-tau ikut ambil tempat wukuf, kan jadi sesak, tau tau ambil jatah tenda..ya aneh gitu lah,,

Begitu ya para pembaca sekalian hati-hati

Kelebihan

Tentu haji furoda yang beneran (karena undangan dari kerajaan arab saudi) pasti banyak banget kelebihannya..
1. Tidak dipungut biaya sama sekali (semua biaya ditanggung kerajaan arab saudi)
2. Penginapan nyaman (bahkan untuk kelas VVIP bakal tidur di hotel bintang 5)
3. Terjamin
4. Tidak antri (bisa langsung berangkat sesuai tanggal haji di undangan)

Itu kan kalo yang resmi, nah kalo yang illegal dan ngaku-ngaku furoda apakah ada kelebihannya?
Ada
cuman satu, yaitu tidak mengantri..

Kekurangan

Untuk haji furoda beneran yang ada undangan resminya, bisa dibilang tidak ada kekurangannya,,semuanya terjamin..

nah kalo yang haji furoda dari biro travel banyak banget kekurangannya..
ya bisa gagal haji karena ga dapet visa, bisa terlantar karena tidak mendapat kuota pemerintah..bisa dideportasi, bisa ditipu, kurang terjamin, juga haji kan niatnya biar mabrur kan ya, tapi biasanya kalo yang illegal itu cara-caranya ada kecurangan, ya kali mau mabrur tapi caranya ga baik..

Cara Daftar

Harus punya hubungan istimewa dengan kerajaan arab saudi atau kalau kamu itu ulama suatu organisasi massa islam, coba kontak Saudi Embassy, atau langsung ke kerajaan. Itu juga biasanya ada seleksi, dan kemudian kebijakan mau dapet haji furoda atau engga terserah oleh kerajaan saudi arab..

Nah kalo yang beli itu ya ati ati aja..
dah dibilang ati-ati aja.
saya juga gatau caranya.,.kalau mau nyoba ya dipikir-pikir lagi..
intinya tujuannya haji apa sih?
ya itu..

Jadi saya bisa simpulkan bahwa Haji Furoda ini istilahnya digunakan untuk biro travel dalam memberangkatkan haji yang tanpa kuota..
padahal harusnya bukan digunakan untuk istilah itu..

Karena haji furoda lebih cocok untuk haji undangan maksudnya..
tapi ya udah,..kudu ati-ati aja..jangan salah arti ya.

begitulah artikel singkat kali ini tentang haji furoda..semoga bermanfaat