Inilah 5 Perbedaan Harimau dan Macan yang perlu diketahui

Sekilas Tentang Harimau


Harimau adalah hewan buas yang memangsa korbannya dengan menggigit, mencekik, mencakar, dll.
Harimau adalah salah satu jenis kucing terbesar jika dibandingkan dengan beberapa spesiesnya yang ada di dunia dan bahkan tubuhnya masih lebih besar dari hewan singa. Bukan hanya itu saja Harimau juga memiliki salah satu kemampuan yaitu larinya yang cepat, Namun masih kalah dengan kecepatan berlari dari binatang citah.

Harimau adalah pemakan daging (karnivora) dan biasanya memburu beberapa jenis hewan mamalia yang tubuhnya lumayan agak besar seperti kerbau, rusa, kijang, kancil ataupun babi.

Jika tidak ada binatang mamalia bertubuh besar, Harimau juga biasa memangsa hewan yang memiliki tubuh yang agak kecil seperti landak dan lain sebagainya. Perlu diketahui bahwa harimau berbeda dengan kucing biasa (Rumahan), Jika pada umumnya kucing takut dengan air, Namun yang ini cukup berbeda, Harimau malah cenderung sebaliknya dan ia sangat suka berenang dan tidak anti dengan air.

Sekilas Tentang Macan

Macan adalah salah satu dari empat kucing besar. Pada mulanya, banyak orang berpikiran bahwa macan adalah Harimau.
Ya karena di KBBI sendiri rupanya mengartikan macan adalah sebagai berikut

Ya makanya kita jadi salah kaprah begini..

Masih banyak yang keliru menganggap harimau dan macan ini adalah binatang yang sama. Padahal menurut ilmu biologi/ilmu tentang hewan, mengenai pengelompokkan binatang, harimau dan macan menunjuk pada dua binatang yang berbeda.

Harimau dan macan ini memang sama-sama karnivora, dan memiliki bentuk seperti kucing.
Namun ya ini beda..gimana sih ya jelasinnya..Pake list begini aja mungkin ya.

5 Perbedaan Harimau dan Macan

Ya pokoknya setelah ini jangan salah sebut kalau harimau itu dibilang macan atau sebaliknya.

Spesies

Harimau dan macan ini sama-sama merupakan kerabat kucing (Felidae) dan genus (Panthera) namun kedua binatang ini merupakan spesies berbeda. Yaitu Panthera tigris untuk harimau, dan panthera pardus untuk macan (tutul)

Corak

Harimau umumnya memiliki corak loreng, sedangkan macan umumnya memiliki corak tutul, tapi citah bukan macan loh ya meskipun coraknya juga tutul. Bahkan citah ini memiliki genus yang berbeda dari harimau dan macan.

Ukuran

Harimau termasuk ke Big Cat (kucing besar), sedangkan macan merupakan middle cat (kucing sedang)

Bentuk

Harimau memiliki bentuk kekar dan terlihat berisi, sedangkan macan lebih terlihat ramping dan panjang.

Skill

Harimau lebih cenderung menguasai skill renang daripada macan, macan lebih cenderung menguasai skill memanjat daripada harimau

Ya begitulah semoga bermanfaat informasi kali ini