10+ Rekomendasi Film Adaptasi Novel Terbaik

Membaca novel dengan menonton film memang memiliki rasa yang berbeda, betul tidak? Membaca novel membangkitkan imajinasi anda secara penuh masuk ke dalam cerita yang anda baca. Berbeda dengan menonton film yang gambarannya justru sudah ditampilkan dan kita disuguhkan untuk menikmati dan ikut masuk saja di ceritanya.

Bagi beberapa orang membaca novel memang menjadi pilihan favorit, apalagi kalau cara penyajiannya menarik, begitu romantis gambarannya jelas. Wah sangat menyenangkan sekali.

Namun bagi sebagian orang lagi kadang membaca novel tidak begitu asik, bisa jadi karena kesibukan sehingga tidak sempat untuk membaca. Nah maka dari itu, disini saya akan memberikan beberapa rekomendasi film yang diadaptasi dari novel, bagi anda yang mungkin tidak sempat membaca novelnya maka film ini rekomended karena memang novelnya pun bagus.
Jadi filmnya tidak kalah bagus.

Mungkin kebanyakan dari anda sudah pernah menontonnya karena film-film ini cukup populer.
Coba cek 10+ daftar film berikut, ya barangkali ada yang belum anda tonton.

img src : pixabay (edited)

10+ Film Adaptasi Novel Terbaik

(menurut iezel)
Ini dibikin daftar biar nandain aja, bukan berarti urutan ya, karena film itu selera. Menurut saya ini bagus semua dan rekomended.

1. Harry Potter

Film ini diadaptasi dari novel 7 seri karya J.K Rowling, seorang penulis asal Inggris. Saya pernah membaca novel ini dulu, karena almarhum tante saya pernah punya.
Nah, imajinasi dan fantasinya sangat memukau dan unik.
Serasa kalau dunia harry potter ini memang ada hehe. Saya kira dulu J.K Rowling itu laki-laki, nah baru tau kalau J.K Rowling perempuan baru kemarin-kemarin awal kuliah waktu kepo browsing cari tau latar belakang penulisnya.
Di filmnya tidak jauh berbeda dengan novelnya, dengan animasi yang keren. Membuat anda ikut kedalam kehidupan Harry Potter ini, sedikit review tentang Harry Potter ini :
Novel ini mengisahkan tentang Harry Potter, seorang anak laki-laki yatim piatu yang pada usia sebelas tahun mengetahui bahwa ia adalah seorang penyihir, hidup dalam dunia biasa nonsihir, atau Muggle. Kemampuan sihirnya adalah bawaan dan ia diundang untuk menghadiri sekolah yang mengajarkan tentang keterampilan dan pengetahuan sihir. Harry kemudian menjadi pelajar di Sekolah Sihir Hogwarts, dan di sana sebagian besar kisah novel berlangsung. Di Hogwarts, Harry melalui masa-masa remajanya, ia belajar untuk mengatasi berbagai masalah yang dihadapinya: sihir, sosial dan emosional, termasuk permasalahan remaja biasa seperti cinta, persahabatan, dan ujian sekolah, serta ujian terbesar untuk mempersiapkannya dalam menghadapi konfrontasi yang ada di depannya.

Setiap novel mengisahkan tentang satu tahun kehidupan Harry, dengan peristiwa novel yang berlangsung antara tahun 1991-1998. Kisah novel ini juga mengandung banyak kilas balik, yang sering dialami oleh Harry saat melihat kenangan karakter lain melalui benda sihir yang disebut Pensieve.

Lingkungan pengisahan yang dibuat oleh Rowling benar-benar terpisah dari realitas, namun masih terkait erat satu sama lainnya. Jika tanah fantasi Narnia adalah dunia alternatif dan Dunia Tengah Lord of the Rings adalah dunia magis, maka dunia sihir Harry Potter secara paralel ada di dalam dunia nyata yang mengandung versi magis dari unsur-unsur biasa dalam kehidupan sehari-hari. Dalam Harry Potter, banyak institusi dan lokasi yang dikenali, misalnya London. Dunia Harry Potter terdiri dari sekumpulan jalan-jalan tersembunyi yang diabaikan manusia biasa, tempat minum kuno, puri di wilayah sepi, dan kastil terpencil yang tidak terlihat oleh populasi Muggle.

Nah filmnya juga ga jauh dari itu, dibagi jadi 7 judul film, dan yang bagian terakhir dibuat dua part. Setiap film harry potter membawa suatu konflik tersendiri, namun tidak mengabaikan konflik utamanya yaitu musuh terbesar Harry yaitu voldemort.
Tonton aja deh filmnya dijamin seru abis!

2. Twilight

Film yang diadaptasi dari novelnya Stephenie Meyer. Film ini udah terbukti banyak penggemarnya, apalagi juga para couple karena banyak cerita romantisnya. Namun nih, beberapa orang yang udah baca novelnya merasa kalau filmnya justru ngebosenin karena kisahnya kebanyakan dibumbui percintaan bella dan Edward.
Twilight ini ada 5 series, menceritakan tentang Bella Swan yang berumur 17 tahun pindah ke Forks, sebuah kota kecil di daerah semenanjung pantai Washington, untuk tinggal bersama ayahnya, Charlie, setelah ibunya menikah lagi dengan seorang pemain baseball. Kemudian di filmnya dia ketemu sama Edward yang ternyata adalah seorang vampir, lalu banyak juga hal fantasi lain. Ya termasuknya keren dan unik. Indonesia juga ada satu sinetron yang keliatannya agak mengikuti ide dari film ini, yang judulnya ganteng-ganteng serigala tuh, mirip kisahnya. tapi ya jelas film sama sinetron ga bisa dibandingin ya, itu cuma sekilas info aja.

3. A Walk to Remember

Ini nih salah satu film romantis sepanjang masa, diadaptasi dari novelnya nicholas spark. Emang sih penulis ini jago bikin novel romantis.ada banyak novelnya yang difilmin, abis ini juga admin bakalan rekomendasiin filmnya dia lagi.
Di film a walk to remember ini mungkin kisahnya agak klise ya, karena ada yang kena sakit gitu. Namun alurnya cukup unik dan rekomended buat ditonton
Sayangnya awal-awalnya agak ngebosenin dan kelamaan, padahal intinya mau ngenalin bahwa si tokoh utama cowo ini pelajar nakal. udah tapi itu pembuka filmnya ga begitu asik menurut saya. Menuju ke menit pertengahan baru kisahnya asik, apalagi tokoh cewenya keliatan cantik kalem, bibirnya juga seksi hehehe pisss
Silakan ditonton..anak kecil gausah, ini cocoknya buat yang mau tau cinta-cintaan.

4. The Lord of The Ring

Film ini adaptasi dari novelnya  J.R.R. Tolkien.
genrenya ya agak-agak mirip sama yang nomer 1 dan dua tentang dunia fantasi. ceritanya tentang dunia yang hampir kiamat, karena raja-raja yang punya cincin terpengaruh sama jiwa jahat dan panggilan dari cincin . Cincin ini punya kuasa tersendiri dan rupanya malah memberi dampak yang berbahaya bagi pemakainya. maka dari itu mereka berencana untuk menghancurkan cincin itu,
Nah bagaimana? tonton aja langsung.

5. The Shawshank Redemption

Film yang diadaptasi dari novel karya Stephen King ini memang memiliki alur cerita yang seru dan sayang dilewatkan. di versi situs ranking film juga film ini punya rating yang sangat tinggi. Dan memang di dalamnya ada banyak pesan serta banyak keunikan dalam menceritakannya. Menceritakan tentang seorang bankir, Andrew Dufresne yang harus dikirim ke penjara karena tuduhan atas pembunuhan istrinya. Di dalam penjara inilah Andrew bertemu dengan seorang narapidana veteran yang banyak membantunya agar bisa survive di dalam penjara. Bergumul dengan kehidupan dalam penjara yang keras, Andrew pun akhirnya mencapai tujuan dengan caranya sendiri.
Di film ini digambarkan penjara itu bagaimana dan menceritakan kehidupan didalamnya.

6. Dear John

Nah kan saya rekomendasiin lagi novelnya Nicholas Spark. Ini so sweet banget ceritanya, banyak konflik yang cukup ngeselin, saling menanti. dan endingnya ga nyangka. Silakan ditonton

7. The Great Gatsby

The Great Gatsby adalah novel legendaris Amerika yang ditulis oleh F. Scott Fitzgerald di tahun 1925. Kisah dari novel ini sesungguhnya telah berulang kali diadaptasi ke layar lebar. Setidaknya sudah tiga kali diadaptasi ke layar lebar dan sekali pada layar kaca. Adaptasi terakhir film ini dikomandoi oleh sutradara Australia, Baz Luhrmann (Moulin Rouge!, 2001), di tahun 2013.  The Great Gatsby menceritakan tentang kisah hidup Jay Gatsby, seorang jutawan muda yang misterius, yang memiliki ketertarikan besar terhadap Daisy Buchanan (Carey Mulligan), yang merupakan saudara dari Nick dan istri dari jutawan New York, Tom Buchanan (Joel Edgerton). Selain sisi romance, novel yang berlatarkan situasi masyarakat Amerika pada tahun 1920-an ini mengangkat tema seperti kebobrokan sosial, ketimpangan kelas, idealisme, dan sebagainya yang relevan pada masa Jazz Age. (sumber : wikipedia)
The great gatsby kisahnya sangat rekomended, begitu menyentuh. kamu ga bakal nyesel nonton ini. karena film nya juga niat. Pemerannya itu Leonardo diCaprio sebagai Jay Gatsby, ada Tobey Macguire sebagai Nick Carraway..whoaaa pokoknya ga nyangka banget.

8. Pride & Prejudice

Film ini diadopsi dari novel Jane Austen, beberapa kali nih novel di filmin, karena banyak yang suka, nah yang saya rekomendasiin itu yang pemerannya ada keira knightley. Karena terasa lebih hidup tokohnya, dan juga aktingnya bagus.

9. Romeo & Juliet

Film ini diadopsi dari novel romantis lama bikinan William Shakespeare, berkali-kali juga novel ini diadaptasi jadi film,.

10. Dilan 1990

Dari tadi kan novel luar mulu. Saatnya saya kasih film adaptasi novel dari Indonesia. Nah ini yang sangat booming sejagad indonesia, hehe Karena dilan yang romantis dan unik.
Silakan tonton aja langsung,

11. Eiffel I'm In Love


Saking banyak yang suka, film ini diputar berkali-kali di layar kaca. Shandy aulia yang meranin tokoh Tita, dan si Samuel Rizal sebagai Adit. Kisah mereka begitu asik, sayang untuk dilewatkan. Film arahan Nasri Cheppy ini diangkat dari novel karya Rachmania Arunita dengan judul yang sama. Nah karena keberhasilannya, ehh ada yang Eiffel I'm In Love 2 nih!

Nah begitulah 10+ rekomendasi film adaptasi novel terbaik menurut iezel. Semoga bermanfaat!