10 Tips Agar Bisa Menabung

Kamu sih suka nabung apa engga? Engga? Kenapa?? Ga bisa? Ishh, beruntung kamu baca artikel ini. Disini saya akan memberi tahu tips menabung agar anda bisa konsisten menabung.
Kalau anda mengira menabung itu sia-sia, wah kayaknya anda belum melihat sisi baiknya menabung.

Emang sih bener kata orang yang kaya, kalo menabung itu ga bikin kaya. Yang bisa bikin kaya itu investasi. Tapi bukan berarti menabung itu sia-sia!
Menabung juga penting, menurut saya. Dan kalo bisa menabung berarti sama juga dengan bisa mengelola uang.
Untuk bisa jago berinvestasi, setidaknya latian dulu dengan menabung. Ya emang sih duitnya ga nambah, seenggaknya bisa ngumpulin dan pertahanin dulu duit yang ada dah.
Juga latihan mengurangi pengeluaran yang kurang perlu.
Kamu kesusahan nabung?

Coba deh terapin 10 tips ini biar bisa menabung :

1. Harus ada niat menabung

Jadi kalau kamu pengen bisa menabung, kamu harus ada niat untuk menabung. Kalau udah niat mau ngapain juga enak, tanpa ada rasa terpaksa. Dan kamu bisa enjoy menikmati masa-masa menabung ini.

2. Harus ada keinginan membeli sesuatu (set yang agak mahal)

Ini penting nih, otak kita itu cerdas, meskipun kita udah niat menabung tapi kalau tujuannya agak kurang jelas ya pastinya otak kita cenderung untuk kalah terhadap godaan memakai uang tabungan!
So, tanamkan di pikiran kalian. Kalian menabung itu untuk apa? Agar lebih jelas tujuannya sih mending untuk membeli sesuatu yang lagi kamu pengen. Misal Hape, atau Laptop. Yang harganya lumayan mahal lah.
Makanya kamu harus nabung.

3. Harus sisihkan duit untuk menabung setiap hari walau sedikit

Tiap hari harus ada uang untuk disisihkan, ya meskipun tidak banyak. Yang penting konsisten. Kan sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit. Misal kalau jatah sehari 15 ribu, cobalah untuk menyisihkan 5rb setiap hari. Nanti juga ga kerasa tau-tau banyak

4. Harus punya tempat simpan uang

Bikin tempat penyimpanan uang, selain agar tidak berceceran atau tercampur dengan uang harian. Tempat penyimpanan ini dapat memotivasi kita untuk terus menabung. Kok bisa? iyalah, buat aja tempat menabung, terus ditulis di tempatnya #untuk beli laptop, nah nanti kalau uangnya keliatan makin banyak kan kamu jadi makin termotivasi untuk terus menabung!

5. Ingat tujuan nabung

Tiap kita tergoda untuk memakai uang secara berlebihan, kita inget lagi. Kenapa kita harus nabung? Nah kalo inget kan kita jadi pikir-pikir lagi nih, mending duitnya dipake buat beli ini yang kurang bermanfaat atau buat beli laptop. Barang yang kita pengenen!

6. Harus Semangat

Emang sih mungkin nabung itu prosesnya lama, dan kadang ada rasa untuk menyerah aja. Ehh tapi kamu jangan menyerah, ingatlah kalo kita berhasil membeli barang yang kita pengen dengan uang kita sendiri itu keren bangeeet! So terus semangat, kamu pasti bisa nabung!

7. Belanja harus lihat harga berapa

Tiap mau beli sesuatu pastiin kamu tahu harganya berapa, terus kamu pikir-pikir lagi. Kalo beli barang ini harga segini, nanti aku bisa nabungnya berapa. Terus aku butuh ga sih barang ini. Terus pertimbangin lagi, mending beli semua barang belanjaan ini atau beli yang paling dibutuhin aja terus uangnya ditabung?

8. Catat jumlah tabungan tiap bulan

Tiap sebulan sekali kamu catat berapa total tabunganmu. Dengan tau jumlah tabunganmu yang banyak, kamu bakal lebih termotivasi untuk terus menabung. Cobalah!

9. Prediksi jumlah tabungan ke depannya

Misal tabunganmu 3 bulan ini sudah sejuta, terus harga laptop 5 juta. Prediksiin kira-kira kapan kamu bisa dapetin barang yang kamu pengen. Nah kalo pengen barangnya cepet didapet, ya kamu harus nabung lebih banyak. Jadi ada acuan jelas loh kenapa kamu harus nabung sekian per hari. Jadi makin termotivasi untuk nabung. 

10. Menghemat pengeluaran sebisanya

Kalau kamu mau catat semua pengeluaranmu selama sebulan apa aja, kamu liat deh. Pengeluarannya buat apa aja. Terus coba kurangi pengeluaranmu, nah terus pindahin hasil uang pangkasan pengeluaran ke uang tabungan, kan jadi lebih banyak tabunganmu.

Gimana? udah ga sabar mau terapin tips tersebut? Ayolah kita nabung.
Curhat aja, dulu saya pernah niat banget beli laptop, dan akhirnya saya nabung. Cuma bentar doang saya akhirnya bisa beli laptop ini. Yeeeee!
Bekas sih, 2 jutaan. Itu tapi itu pengalamannya agak ngenes soalnya setelah beli laptop, keuangan saya jadi kacau. Itu karena sebenarnya uang tabungan untuk beli laptop masih kurang, jadinya ditambahin pake uang beasiswa yang buat tiga bulan, eh tau-tau ortu lagi agak susah keuangannya. Jadinya saya bener-bener ngirit banget tuh dalam pengeluaran setelah uang beasiswanya keambil buat beli laptop. Ga lagi-lagi lah saya nggunain uang yang harusnya untuk hidup kedepannya! wkwk

Nah untuk sekarang, saya lagi naksir banget sama HP, merknya sih untuk sementara niatnya xiaomi redmi Note 4 pro, harganya sekitar 3 jutaan.
Sekarang duit yang terkumpul baru sekitar 200 rb-an. Tapi ya kan namanya usaha. Nanti saya kabarin lagi kalau sudah dapat barangnya wkwk.
Kemungkinan sih dalam waktu 10 bulan udah bisa dapet barangnya. Ya malah bisa aja ntar dapetnya hape yang lebih bagus, kan harga hape turun terus wkwk.

Yuk nabung, semangat ya kawan!
Iezel