Jangan Menggunakan Domain Gratisan! Pertimbangkan 5 Hal Ini

Jangan Menggunakan Domain Gratisan! Pertimbangkan 5 Hal Ini




Bagi kamu yang berencana mengganti domain blog menjadi domain gratisan, dan belum sampai diganti.

Kamu beruntung karena membaca Artikel ini terlebih dahulu.
Sehingga kamu bisa pikir pikir lagi sebelum memakai domain Gratisan!


Berikut adalah 5 hal kekurangan/kerugian yang seharusnya kamu pertimbangkan untuk TIDAK menggunakan domain gratisan:

1. Domain Gratis Sering Dianggap Spam

Suatu saat temanku mendapatkan sms dari nomor yang tak dikenal, yang isinya adalah bahwa teman saya beruntung mendapatkan hadiah dari perusahaan X.

Untuk mengklaim hadiah tersebut, lantas teman saya diberikan link website pemberi hadiah tersebut untuk mengkonfirmasi bahwa dia akan menerima hadiah tersebut.


Namun ada hal yang aneh saat mengetahui bahwa website yang digunakan adalah blogspot.com, atau waplog.com. "Ini pasti penipuan, cuman spam", itulah yang terfikirkan oleh orang-orang jika memakai domain gratisan.


Akhirnya penipu penipu ini mungkin menyadari kalo melalui website gratisan pasti korbannya akan curiga, so mulailah memakai domain gratisan yang lain yang belum begitu familiar bagi orang orang umum

misalnya .tk, .cf, .ga, .gq, .ml..dll

Nah akhirnya mulai menjamurlah level domain semacam itu karena digunakan untuk spam, berita bohong, atau penipuan. Alhasil, citra domain gratisan identik dengan spam.

Namun meskipun begitu tak sedikit juga para blogger yang menggunakan domain gratisan ini, termasuk juga aku tadinya.
Tapi sekarang aku bener bener mau nyaranin biar kalian jangan make domain gratisan.
Hal yang ingin ku tau waktu itu adalah :
  • Ingin membuktikan apakah dengan memakai domain gratisan tetap akan dianggap spam meskipun konten kontennya bermanfaat (FIX DIANGGAP SPAM) jangan pernah pake domain .tk, .cf, .ga, .gq, .ml
  • Lebih suka alamat domain yang pendek (lebih baik blogspot daripada domain .tk, .cf, .ga, .gq, .ml tapi ga bisa diakses)
  • Mencoba jalan lain agar para blogger yang tidak mencoba jalan ini bisa tetap tahu bagaimana dampak dari domain gratis. (Disarankan jangan pernah pakai domain .tk, .cf, .ga, .gq, .ml)



2. Ribet, karena perlu setting ulang di webmaster

Kalau Blog kamu sudah punya banyak visitor atau sudah terindeks dengan baik di Search Engine, saya sangat sarankan agar tidak merubah domainmu ke domain gratisan.

Alasannya ya karena kamu harus daftarkan lagi url domain blog yang baru, mensubmit sitemap lagi, dan itu seperti baru memulai blog lagi. Dan efeknya, pengunjung akan lari entah kemana, Tiba tiba blog jadi sepi.





Dan biasanya meskipun domain tersebut gratisan, ada batas akhir gratisannya (mungkin hanya satu tahun), jika sudah habis ya kamu harus membayar.
Bayangkan, kamu harus membayar suatu domain yang dicap oleh orang orang itu cuma gratisan! Kan kesel ya, nah kalo mau bikin gratisan lagi otomatis kamu perlu atur ulang di webmaster.

Siap untuk ribet karena ingin domain gratisan??



3. Membuat Kamu Kurang Percaya Diri dalam mempromosikan BLOG

Promosi BLOG adalah hal yang penting dalam mengelola BLOG, Apa artinya BLOG dengan konten bagus tetapi tidak ada orang yang tahu keberadaan BLOGmu?

Mempromosikan BLOG gratisan mungkin akan membuat kepercayaan dirimu menurun, terlebih lagi jika orang orang yang sedang dihadapi itu tahu bahwa domain yang kamu gunakan itu gratisan.


Kamu mungkin akan berprasangka, jangan jangan blogku dianggap murahan, ga berkualitas, ga profesional. Jika hal tersebut kamu rasakan sebaiknya gunakan saja domain berbayar, Kamu akan lebih yakin jika Blog yang kamu promosikan itu domain Top Level Domain (.com, .net, .id dll) karena terkesan lebih profesional.


Namun jika kamu merasa tak memiliki masalah dengan domain gratisan ya It's Ok, Fokuslah pada konten!



4. Rawan kena Banned

Seperti dikabarkan pada tahun 2011, Google secara resmi telah membanned domain gratisan yang berekstensi co.cc serta co.tv.
Alasan utama Google pada waktu itu adalah ingin membersihkan search engine dari situs situs yang menggunakan domain gratis ini (termasuk blog para blogger yang tidak bersalah pada waktu itu),

Menurut Matt Cutts, domain gratis (co.cc dan co.tv) tersebut penuh akan praktek spam, ya dikarenakan pembuatan website seperti itu terbilang mudah serta banyak sekali yang menyalahgunakan website gratis tersebut untuk spamming.

Tidak hanya itu, website tersebut juga diduga rawan untuk menyebarkan malware / virus menurut APWG Global Phising Surveys.

Nah dari pengalaman tahun 2011 itu, mungkin bisa membuat kita pikir pikir ulang mengapa sebaiknya tidak menggunakan domain gratis.

Meskipun belum tahu sih, untuk selanjutnya akan terjadi banned lagi atau engga. Tapi kan bisa aja, so...Pikir pikir lagi lah!


5. Motivasi untuk Nge-Blog jadi kurang

Apa hubungannya motivasi ama domain gratis?

Diantaranya kecenderungan dalam merawat blog, ibarat punya dua bunga. Satu "Bunga Beli" satunya lagi "Bunga Gratisan ya bisa Tumbuh kapan aja"


Ya kecenderungan orang akan lebih memperhatikan serta merawat "Bunga yang Dibeli". Secara motivasinya ya karena udah beli kan sayang kalo ga dirawat, apalagi kalo ditelantarin.


Apalagi untuk mendapatkan "Bunga itu ga Gampang".

Huh pasti kamu akan semakin semangat nge-Blog kalo misalnya pakai domain berbayar.

Jadi gimana nih? Setelah membaca 5 hal ini kamu masih ingin memakai domain gratisan?

Ya monggoh, itu pilihan kamu.

Iezel